Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Ekonomi: Sri Mulyani Minta Klub Moge Pegawai Pajak Bubar dan Daftar Pejabat Pajak Pemilik Moge

Kepemilikan motor gede (moge) di lingkungan Ditjen Pajak Kemenkeu masih menjadi topik hangat di Kanal Ekonomi Bisnis.com.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita (20/12/2022). Baru-baru ini Sri Mulyani meminta klub moge pegawai Pajak Belasting Rijder dibubarkan/Dok. Youtube Kemenkeu RI.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN Kita (20/12/2022). Baru-baru ini Sri Mulyani meminta klub moge pegawai Pajak Belasting Rijder dibubarkan/Dok. Youtube Kemenkeu RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Pembaca Kanal Ekonomi Bisnis.com masih memantau perkembangan berita seputar kepemilikan motor gede (moge) di lingkungan Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

Salah satu berita yang paling banyak dibaca yaitu mengenai instruksi Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membubarkan klub moge pegawai Pajak.

Ada juga berita mengenai daftar pejabat Ditjen Pajak yang memiliki moge. Berikut daftar 5 berita terpopuler di Kanal Ekonomi Bisnis.com:

1. Sri Mulyani Tegas Minta Klub Moge Pegawai Pajak Dibubarkan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan sikap atas beredarnya video dan foto Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo yang mengendarai motor gede (Moge) bersama klub BelastingRijder DJP.

Klub Belasting Rijder DJP merupakan komunitas pegawai pajak yang gemar naik motor besar. Setelah video tersebut viral, akun Instagram komunitas itu, @belastingrijder, tak bisa ditemukan.

2. Ini Daftar Pejabat Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Pemilik Moge

Para pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan diketahui memiliki komunitas motor gede (moge) bernama Belasting Rijder.

Klub itu menjadi viral di tengah sorotan gaya hidup hedonisme para pegawai Kemenkeu. Apalagi, terdapat rekaman saat Direktur Jenderal (Dirjen) pajak Suryo Utomo yang mengendarai moge pada acara ulang tahun Belasting Rijder.

Adapun, berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN), terdapat beberapa pejabat Pajak Kemenkeu yang memiliki moge.

3. Ini Deretan Pejabat Kementerian Keuangan yang Punya Harta Jumbo

Harta kekayaan pegawai di lingkup Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini menjadi sorotan publik akibat kasus penganiayaan oleh Mario Dandy Satrio, anak pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

Berdasarkan penelusuran Bisnis, total kekayaan Rafael yang dilaporkan dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) 2021 mencapai Rp56,1 miliar, hanya berbeda Rp2 miliar dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam laporan tersebut, Rafael melaporkan atas kepemilikan dua kendaraan, yaitu Toyota Camry 2008 dan Toyota Kijang 2018. Bisnis pun merangkum sejumlah pejabat di Kemenkeu yang memiliki harta kekayaan jumbo.

4. Pemerintah Kaji Ulang Rencana Larangan Ekspor Balok Timah

Pemerintah berniat mengkaji ulang rencana moratorium ekspor untuk balok timah atau tin ingot tahun ini.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Irwandy Arif menuturkan pemerintah masih mempelajari data hilirisasi dari bijih timah tersebut yang sebagian besar sudah dalam bentuk turunan untuk bahan baku manufaktur lanjutan.

Sebagian besar hilirisasi bijih timah di Indonesia diolah menjadi tin soldier, tin plate dan tin chemical. Adapun, torehan pemurnian serta pengolahan bijih timah itu relatif terbilang tinggi di sisi penghiliran tambang.

5. Daftar 5 Jalan Tol dengan Nilai Pembebasan Lahan Termahal pada 2022

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melaporkan sepanjang 2022 pemerintah telah menggelontorkan Rp16 triliun dan terdapat 5 proyek tol dengan nilai pembebasan lahan termahal.

Direktur Pendanaan dan Pengadaan Lahan LMAN Qoswara mengungkapkan dari total tersebut, proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo menjadi proyek dengan pembebasan lahan termahal atau senilai Rp2,98 triliun untuk pendanaan pembebasan lahan.

“Untuk Jalan Tol Solo-Yogyakarta sebesar Rp2,98 triliun,” ujarnya kepada awak media, Minggu (26/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper