Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Bodetabek Siap-siap, Bakal Ada 5 Mal Baru Tahun Ini

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia menyebut akan ada lima pusat perbelanjaan atau mal baru di daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi tahun ini.
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyebut akan ada lima pusat perbelanjaan atau mal baru di daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) tahun ini. 

"Saya kira akan ada lebih dari lima mal di tahun ini di Bodetabek," ujar Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada awak media, Kamis (23/2/2023).

Dia menyebut, terdapat sejumlah proyek kerja sama pembangunan mal di wilayah Bodetabek, seperti kerja sama Sinarmas Land dengan Kawan Lama untuk membangun pusat perbelanjaan di kota wisata Bogor. Kemudian, Sinarmas Land juga bekerja sama dengan AEON untuk membangun pusat perbelanjaan di Deltamas, Bekasi.

"Kemudian Pakuwon sedang membangun mal di Bekasi, Bintaro juga sedang melakukan perluasan. Jadi akan banyak ada pembangunan mal di Bodetabek, bukan Jakarta," kata Alphonzus.

Menurutnya, pembangunan mal baru akan lebih banyak berada di daerah-daerah penyangga ibukota. Sebab, pembangunan mal baru di wilayah Jakarta sudah tidak memungkinkan bagi pengusaha. 

"Karena kan tanahnya sudah mahal sekali jadi pembangunan lebih banyak di Bodetabek di daerah-daerah penyangga ibukota. Pembangunan mal itu bisa 2-3 tahun prosesnya," katanya.

Saat ini, imbuhnya, memang masih ada pembangunan mal di Jakarta, tetapi belum akan selesai dalam waktu dekat.

Dia mengungkapkan, pembangunan mal di Jakarta biasanya berbentuk superblock, yakni digabung dengan apartemen, hotel, perkantoran, dan lainnya atau berbentuk mixed-use

Sementara itu, dalam laporan Colliers kuartal IV/2022, ada dua proyek pusat perbelanjaan yang masih dalam tahap konstruksi, yaitu Lippo Mal East Side (within Holland Village) di Cempaka Putih dengan luas 44.000 meter persegi. Proyek garapan PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) ini rencananya hadir pada 2023. Selain itu, ada juga proyek Menara Jakarta Shopping Mall di Kemayoran seluas 90.360 meter persegi yang digarap Agung Sedayu Permai dan estimasi penyelesaian pada 2024.

Adapun, pembangunan di luar Jakarta yang akan hadir pada 2023 selain Aeon Mall di Bekasi, yaitu Omotesando Lifestyle Mall (Embarcadero) di Bintaro, Tangerang yang digarap oleh Lippo Karawaci Tbk, Bintaro Xchange 2 di Bintaro oleh Bintaro Jaya, dan Pakuwon Mall Bekasi di Bekasi oleh Pakuwon Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper