Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luhut Bidik 1,4 Miliar Pergerakan Wisatawan Nusantara di 2023

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, menargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023.

Hal tersebut disampaikan Luhut saat menghadiri Kick Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Produk Dalam Negeri (Gernas BBI/PDN) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Banten, Jumat (10/2/2023).

"Tahun ini, target BBWI mencapai 1,2-1,4 miliar perjalanan wisatawan nusantara atau dua kali dari capaian tahun lalu," kata Luhut dalam keterangan resmi, Jumat (10/2/2023).

Luhut mengungkapkan upaya meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara diharapkan dapat menghasilkan pendapatan pariwisata senilai Rp3.281 triliun atau setara 18 persen PDB nominal. 

"Dengan meningkatnya jumlah kunjungan ke suatu daerah, harapannya permintaan produk atau jasa lokal pun meningkat. Banten punya banyak destinasi wisata unggulan. Buatlah travel pattern agar destinasi ini semakin menarik. Banten adalah daerah yang potensial untuk mengangkat kearifan lokal menjadi daya tarik warga Jakarta," ujarnya.

Selain itu, Luhut juga menjelaskan bahwa salah satu aktivitas belanja online tahunan yang telah digalakkan BBI ialah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Melalui kegiatan tersebut, diperoleh data tren penjualan produk lokal dari 2018 hingga 2022 terus mengalami peningkatan hingga mencapai angka Rp10 triliun. 

Meskipun penjualan produk lokal masih di bawah produk impor, tapi Luhut menegaskan bahwa seluruh pihak harus optimis bahwa ke depannya produk lokal akan mendominasi penjualan di e-commerce.

Data Nielsen juga menunjukkan bahwa sekitar 67 persen konsumen daring mengetahui tentang kampanye Gernas BBI dan 80 persen konsumen menganggap asal produk penting, dan cenderung membeli produk lokal daripada impor.

"Untuk itu, kepada seluruh Kepala Daerah mari manfaatkan momentum Gernas BBI/PDN dan BBWI untuk meningkatkan perekonomian daerah kita. Perbaiki destinasi wisata serta lingkungannya, tingkatkan produksi kreatif lokal, dan dorong berbagai kegiatan di daerah kita," ucap Luhut.

Diberitakan sebelumnya, kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di 2023 dihadapkan dengan target yang cukup tinggi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menargetkan kunjungan wisman diharapkan dapat mencapai angka 7,4 juta dan wisatawan nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar pergerakan.

Wakil Menteri Parekraf (Wamenparekraf), Angela Tanoesodibjo, mengatakan pada tahun ini devisa dari sektor pariwisata ditargetkan bisa mencapai US$2,07 miliar hingga US$5,95 miliar.

"Nilai devisa targetnya kita proyeksikan akan mencapai US$2,07 miliar sampai US$5,95 miliar," kata Angela dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Rabu (25/1/2023).

Angela menambahkan untuk target kontribusi PDB pariwisata pada 2023 mencapai 4,10 persen, sedangkan nilai ekspor produksi ekspor ekonomi kreatif mencapai US$26,46 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper