Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko Airlangga: Proyek Smelter Morowali Selesai 2025

Investasi smelter nikel Morowali senilai Rp37,5 triliun diperkirakan selesai 2025. Ini penjelasan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Ilustrasi proyek smelter. JIBI.
Ilustrasi proyek smelter. JIBI.

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan bahwa proyek smelter di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah akan selesai dalam 2,5 tahun atau tepatnya 2025.

Hal tersebut disampaikan oleh Airlangga dalam seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek pertambangan dan pengolahan nikel rendah karbon terintegrasi PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) dan PT Bahodopi Nickel Smelting Indonesia (BNSI).

Dia menyebut bahwa investasi untuk proyek tersebut mencapai Rp37,5 triliun dengan kapasitas produksi mencapai 73.000 ton per tahun. Airlangga meyakini proyek itu dapat rampung setidaknya pada 2025.

"Saya berharap ini akan diikuti dengan peletakan batu-batu berikutnya. InsyaAllah bisa diselesaikan dalam 2,5 tahun," ujar Airlangga pada Kamis (10/2/2023).

Pemerintah memperkirakan bahwa proyek smelter di Morowali itu akan menyerap sekitar 12.000—15.000 tenaga kerja saat masa konstruksi dan sekitar 3.000 tenaga kerja saat operasional.

Penyerapan tenaga kerja akan memberikan efek pengganda (multiplier effect) bagi masyarakat terkait pengembangan ekosistem di Morowali. Namun, manfaat itu akan lebih maksimal jika serapan tenaga kerja berasal dari masyarakat lokal.

"Saya menghimbau agar korporasi mengirim sebanyak-banyaknya pemuda-pemudi di sekitar sini untuk pendidikan dan pelatihan, sehingga nanti bisa bekerja di perusahaan ini," ujarnya.

Pada hari itu pun terdapat groundbreaking Pelabuhan Bahomotefe di pesisir timur Morowali. Pelabuhan itu akan mendukung konektivitas antarwilayah ketika sudah beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper