Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SiCepat Ekspres Percepat Penggunaan Kendaraan Listrik untuk Operasional

SiCepat Ekspres membidik target menjadi perusahaan logistik pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip hijau.
Layanan SiCepat Ekspres akan mempercepat penggunaan kendaraan listrik untuk kegiatan operasional. /Sicepat
Layanan SiCepat Ekspres akan mempercepat penggunaan kendaraan listrik untuk kegiatan operasional. /Sicepat

Bisnis.com, JAKARTA — Layanan pengiriman SiCepat Ekspres melanjutkan pengalihan kendaraan operasional dari konvensional menjadi kendaraan listrik pada tahun ini di luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Chief Executive Officer SiCepat Ekspres The Kim Hai menuturkan perseroan membidik target menjadi perusahaan logistik pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip hijau yang telah diteken sejak November 2022.

Salah satu upaya yang sedang digencarkan SiCepat adalah dari sisi operasional, yakni dengan melanjutkan pengalihan kendaraan operasional dari konvensional menjadi kendaraan listrik.

Guna merealisasikan program ini, pihaknya telah bekerja sama dengan PT Volta Indonesia Semesta dalam pengadaan motor listrik. Pegadaan motor listrik ini akan diperluas jangkauan wilayahnya agar semakin besar dampak positif yang dihasilkan.

“Sampai saat ini, wilayah operasional SiCepat di Jabodetabek sudah menggunakan motor listrik Volta. Untuk memperluas jangkauan kendaraan ramah lingkungan, pada tahun ini SiCepat menargetkan untuk memperluas wilayah yang memanfaatkan motor listrik Volta di wilayah lain di Indonesia,” ujarnya, Kamis (2/2/2023).

The Kim Hai juga menjelaskan bahwa ekspansi penggunaan motor listrik tersebut dibarengi oleh penyediaan infrastruktur pendukungnya di gerai SiCepat untuk masing-masing wilayah.

Infrastruktur ini berupa stasiun penukaran baterai yang bekerja sama dengan PT Energi Selalu Baru, yaitu Sistem Ganti Beterai (SGB).

Dari sisi transformasi digital, SiCepat Ekspres pada tahun ini akan memaksimalkan penggunaan aplikasi SiCepat Superapp. Nantinya, akan ada fitur-fitur baru yang akan menjadi ruang bagi  pelanggannya untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan lingkungan yang lebih sehat.

Sebelumnya, SiCepat Ekspres telah berkolaborasi dengan PT Volta Indonesia Semesta dalam pembelian 10.000 unit motor listrik pada Desember 2021. SiCepat Ekspres menyebut, penggunaan motor listrik telah berhasil melakukan penghematan biaya bahan bakar 25 persen atau sekitar Rp9 miliar.

CEO PT Volta Indonesia Semesta Iwan Suryaputra mengatakan bahwa motor listrik Volta menjadi solusi yang tepat bagi SiCepat dalam penghematan biaya operasi. Teknologi sistem ganti baterai (SGB) yang digunakan Volta sangat efisien dengan kapasitas baterai yang bisa menempuh jarak hingga 60 km.

Terlebih, jaringan SGB yang telah kami miliki juga memberikan kemudahan untuk mengganti baterai secara cepat. Penggunaan motor listrik oleh SiCepat Ekspres ini juga diperkuat dengan perluasan infrastruktur stasiun penukaran baterai SGB di gerai-gerai SiCepat Ekspres.

Terdapat lebih dari 118 stasiun penukaran baterai SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres yang meliputi wilayah Jabodetabek,Bali, Semarang, Solo, dan Karawang.

Dengan adanya titik SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres,pengguna motor listrik Volta dapat dengan mudah melakukan penggantian baterai pada unit motor listriknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper