Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Dari Potensi Ekspor Perikanan Hingga Pemecatan Karyawan Tencent

Optimisme mewarnai perencanaan ekspor hasil perikanan Indonesia tahun 2023. Sementara itu, di China, Tencent Holdings memecat lebih dari 100 karyawan.
Ilustrasi-Nelayan sedang memindahkan tangkapan ikan ke tumpukan es./Dok KKP
Ilustrasi-Nelayan sedang memindahkan tangkapan ikan ke tumpukan es./Dok KKP

Bisnis.com, JAKARTA – Optimisme mewarnai perencanaan ekspor hasil perikanan Indonesia tahun 2023. Permintaan dari sejumlah negara tujuan utama menunjukkan kenaikan dibandingkan dengan prognosa ekspor 2022.

Sementara itu, di China, raksasa video game dan media sosial Tencent Holdings telah memecat lebih dari 100 karyawan pada tahun 2022 karena kasus suap, korupsi, dan penggelapan.

Berita tentang optimisme atas proyeksi ekspor perikanan Indonesia dan penindakan terhadap karyaan Tencent di China bersama berita lainnya setiap hari disajikan bisnisindonesia.id secara lebih mendalam dan analitis.

Berikut lima berita pilihan yang kami kemas dalam Top 5 News bisnisindoneia.id edisi Rabu (18/1/2022).

1.  Ada Optimisme Tinggi dari Kinerja Ekspor Perikanan RI

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat kinerja ekspor hasil perikanan pada periode Januari - November mencapai US$5,71 miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan 10,66 persen bila dibandingkan dengan periode sama 2021. 

Secara tahunan, ekspor hasil perikanan terus menunjukkan peningkatan saban tahun. Pada 2020 misalnya, ekspor komoditas laut tersebut mencapai US$5,21 miliar. Kemudian meningkat sekitar 9 persen pada 2021 menjadi US$5,71 miliar. 

Berdasarkan prognosa, capaian nilai ekspor sampai Desember 2022 bisa mencapai Rp97,08 triliun atau tumbuh 8,84 persen dibanding realisasi ekspor 2021.

Prognosa itu setara US$6,40 miliar dengan kurs US$0,0007 per Rp1. Nilai ini hanya mencapai 89,76 dari target KKP di awal tahun lalu yang membidik nilai ekspor menyentuh US$7,13 miliar.

Apabila mengacu pada prognosa di atas, KKP membidik peningkatan ekspor cukup besar dengan persentase 16,5 persen pada 2023 menjadi US$7,66 miliar. 

2. Pemerintah Buka Suara Rencana Proyek Jalan Tol Lingkar Solo

Menyusul desakan berbagai pihak untuk mengatasi makin beratnya beban jalan di Kota Solo, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol membuat kajian baru tentang jalan tol. 

Namun, opsi tersebut berbeda dari usulan sebelumnya, yakni berupa jalan lingkar yang desainnya telah disusun sejak 2016.
    
Pada laman lpse.pu.go.id, terdapat data tender dengan nama paket Penyusunan Studi Kelayakan dan Desain Awal Jalan Tol Lingkar Timur – Selatan Kota Surakarta. Tender itu diumumkan pada 13 Juni 2022. 

Lelang tender proyek studi kelayakan dan desain awal dimenangi oleh PT Virama Karya (Persero), sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang konsultansi konstruksi. Penandatanganan kontrak senilai Rp4,13 miliar itu dilakukan pada 31 Oktober 2022.

Sebelumnya, pada 2016 lalu, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya juga membuat studi kelayakan jalur lingkar timur-selatan Kota Solo. Meski demikian, hasil studi kelayakan yang menggunakan pagu APBN 2016 senilai Rp985 juta itu hingga kini belum pernah terealisasi.

3. Optimalisasi Potensi Gas Bumi di Tengah Ancaman Resesi

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Dari Potensi Ekspor Perikanan Hingga Pemecatan Karyawan Tencent

Gambaran suasana di salah satu wilayah kerja migas./Bisnis-Dok.SKK Migas

Krisis energi dunia akibat memanasnya kondisi geopolitik yang disulut oleh perang Rusia-Ukraina semestinya menjadi pelajaran berharga dalam hal ketahanan energi nasional.

Tentu masih lekat di ingatan bagaimana sejumlah negara di Eropa kelimpungan memenuhi pasokan energinya. Mereka dihadapkan pada sejumlah tantangan serius akibat konflik Rusia-Ukraina dan sentimen ekonomi politik global.

Kendati bisa melewati 2022 tanpa kekurangan pasokan energi dan Dewan Energi Nasional (DEN) memastikan tingkat ketahanan energi nasional masih berada di posisi relatif aman, tidak ada salahnya Indonesia mengantisipasi terjadinya krisis energi dalam 2 tahun mendatang. 

Terlebih, sejumlah negara kini justru berbalik arah kembali mengandalkan energi fosil, seperti minyak dan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. Ditambah lagi, dunia kini menghadapi ancaman geoekonomi yang berisiko mendekatkan seluruh negara pada jurang resesi.

 

4. Melihat Upaya Pemerintah Turunkan Tingkat Kemiskinan di 2023

Penurunan tingkat kemiskininan, termasuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, menjadi bagian dari  strategi pembangunan Indonesia. Sementara itu, tingkat kemiskinan pada September 2022 mencapai 9,57 persen. Dengan kata lain, masih terdapat 26,36 juta warga negara Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. 

Ke depan, pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan berada di kisaran 7,5 - 8,5 persen. Jumlah tersebut turun dari target APBN 2022 di kisaran 8,5 - 9 persen.

Berdasarkan catatan BPS, meski meningkat dibandingkan Maret 2022, tingkat kemiskininan pada September 2022 lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang mencapai 9,71 persen.

Secara spasial, tingkat kemiskinan per September 2022 meningkat tipis, baik di perkotaan maupun di perdesaan, masing-masing menjadi sebesar 7,53 persen dan 12,36 persen.

Tekanan inflasi menjadi persoalan dalam perekonomian Indonesia tahun 2022. Hal itu terkait dengan kenaikan harga komoditas global, khususnya energi dan pangan, akibat perang di Ukraina.

Kenaikan angka kemiskinan pada September 2022 terkait erat dengan kenaikan inflasi bahan pangan, pada periode Juni, Juli, Agustus, dan September, yang sempat mencapai puncaknya di 11,5 persen pada Juli 2022. 

5. Ratusan Karyawan Tencent Dipecat karena Korupsi dan Suap di 2022

Raksasa video game dan media sosial China Tencent Holdings telah memecat lebih dari 100 karyawan pada tahun 2022 karena kasus suap, korupsi, dan penggelapan.

Perusahaan juga memasukkan 23 perusahaan ke dalam daftar hitam yang menghalangi mereka bisa melakukan bisnis dengan media sosial dan raksasa video game tersebut.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2021, Tencent memecat 70 staf dan memasukkan 13 perusahaan ke dalam daftar hitam terkait kampanye antikorupsi perusahaan.

Beberapa kasus korupsi tahun lalu termasuk karyawan Platform and Content Group yang menjalankan portal berita Tencent dan staf Studio Game Timi and Lightspeed. Mereka terbukti menerima suap atau mencuri properti perusahaan.

Lebih dari 10 karyawan yang dipecat juga dilaporkan ke polisi atas dugaan kejahatan. Dalam satu kasus, mantan pekerja produksi drama dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Mantan karyawan lainnya, dari divisi berita Tencent, divonis penjara dua tahun.

Tencent menegaskan tidak ada toleransi terhadap perilaku semacam itu dan tidak akan pernah lagi mempekerjakan orang-orang yang terlibat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper