Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Blok Migas yang Dimenangkan Rukun Raharja (RAJA) Emiten Suami Puan

Konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA), emiten suami Puan Maharani, memenangkan lelang blok minyak dan gas bumi Jabung Tengah.
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) ditetapkan sebagai pemenang lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi, Blok Jabung Tengah.

Penetapan tersebut merupakan hasil lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi (WK migas) konvensional tahun 2022 dengan mekanisme penawaran langsung.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Blok Jabung Tengah terletak di daratan dan lepas pantai Provinsi Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau di Cekungan Sumatra Selatan dengan luas wilayah 8.728,34 km2.

Blok migas tersebut merupakan blok eksplorasi dengan potensi sumber daya diperkirakan mencapai sekitar 200 juta setara barel minyak (MMboe).

Adapun, Blok Jabung Tengah ditawarkan menggunakan skema kontrak cost recovery dengan sharing split 70:30 (minyak) dan 60:40 (gas).

Dalam memenangkan blok ini, konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk. menjanjikan investasi komitmen pasti 3 tahun pertama senilai US$16,5 juta dengan bonus tanda tangan senilai US$150.000. Komitmen pasti tersebut meliputi kegiatan 3 studi G&G, akuisisi seismik dan processing 500 km 2D, dan 2 sumur eksplorasi.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji berharap dengan ditetapkannya pemenang lelang WK Jabung Tengah ini dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan energi Indonesia ke depannya.

"Kami mengimbau kepada pemenang lelang agar dapat melaksanakan dengan baik komitmen pasti yang telah ditetapkan,” kata Tutuka dalam pengumuman pemenang lelang WK Jabung Tengah, Rabu (28/12/2022).

Adapun, PT Rukun Raharja Tbk. (RAJA) merupakan perusahaan penyedia energi terintegrasi dari hulu ke hilir yang bergerak di bidang infrastruktur gas, perdagangan gas, pembangkit listrik, dan bisnis hulu energi. 

Perusahaan tersebut dikendalikan oleh pengusaha Hapsoro Sukmonohadi alias Happy Hapsoro, suami Ketua DPR Puan Maharani. Ia tercatat menggenggam kepemilikan atas nama pribadi sebesar 28,52 persen saham RAJA per 30 September 2022.

Berdasarkan catatan Bisnis, ia juga terkoneksi dengan kepemilikan tidak langsung RAJA oleh PT Sentosa Bersama Mitra (32,13 persen) dan PT Basis Utama Prima alias Basis Investment (12,22 persen).

Blok Jabung Tengah tersebut masuk dalam daftar proyek dan investasi strategis perseroan pada 2022. Sebelumnya, RAJA mengalokasikan US$1 juta biaya joint study dan lainnya untuk Blok Jabung Tengah.

Sementara itu, PT Cipta Niaga Gemilang merupakan perusahaan berfokus pada industri compressed natural gas (CNG) yang melayani kebutuhan pasar industri, kendaraan (NGV), dan rumah tangga (gas kota).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper