Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket KAI Nataru: Terjual 1,1 Juta hingga 23 Desember 2022

Hingga 23 Desember 2022 KAI menjual 45,8 persen dari total tiket KA jarak jauh periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menjual 1,1 juta tiket KA jarak jauh sepanjang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), hingga 24 Desember. Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Secara umum, total tiket KA jarak jauh yang disediakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022–8 Januari 2023) sebanyak 2,4 juta tempat duduk.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, mengutip Antara, Minggu (25/12/2022).

Adapun pada H-2 libur Natal atau 23 Desember 2022, KAI melayani 154.920 orang yang menggunakan kereta api jarak jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur atau pulang kampung. 

Joni menyampaikan, jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114 persen, di mana KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh.

Dia menyebut, untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA jarak jauh. Volume pelanggan KA jarak jauh tersebut meningkat 21 dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember, di mana KAI melayani 128.224 pelanggan KA jarak jauh. Selanjutnya, pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023.

Dia mengungkapkan, sampai saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2023.

Mayoritas pelanggan KA jarak jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.

Terdapat 17.000 pelanggan KA jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14.000 pelanggan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir 11.000 pelanggan KA jarak jauh dari Stasiun Bandung 10.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6.000 pelanggan KA jarak jauh dari Stasiun Pasar Turi.

Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta–Yogyakarta, Jakarta–Bandung, Jakarta–Surabaya, Jakarta–Purwokerto, Bandung–Jakarta, Bandung–Surabaya, Surabaya–Yogyakarta, dan lainnya.

KAI menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah memercayakan perjalanan pada periode libur Natal kepada KAI. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper