Transformasi Brantas Abipraya, Tingkatkan Kontribusi untuk Negeri

Transformasi digital untuk menyokong kelancaran penuntasan proyek-proyek strategis nasional, sebagai wujud kontribusi penuh Abipraya untuk Negeri.
Foto: Brantas Abipraya Tingkatkan Kontribusi Penuh untuk Negeri
Foto: Brantas Abipraya Tingkatkan Kontribusi Penuh untuk Negeri

Bisnis.com, JAKARTA - Terus berupaya meningkatkan kapabilitas, kompetensi dan inovasi untuk memberikan yang terbaik dalam membangun negeri, PT Brantas Abipraya (Persero) bertransformasi terus menerus. Berkolaborasi, tak henti melakukan pengembangan talenta yaitu Insan Abipraya hingga transformasi digital untuk menyokong kelancaran penuntasan proyek-proyek strategis nasional (PSN), sebagai wujud kontribusi penuh Abipraya untuk Negeri.

“Hingga saat ini Brantas Abipraya terus bertransformasi agar lebih efektif dan efisien sehingga kami dapat memberikan kontribusi penuh kepada negara. Keseriusan kami untuk terus bertransformasi ini dirasa sangat perlu, apalagi saat menghadapi era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity), ujar Tumpang Muhammad selaku Direktur SDM dan Umum Brantas Abipraya.

Ditambahkan oleh beliau, contohnya saat hantaman pandemi COVID-19 ini, mengharuskan Brantas Abipraya untuk melakukan transformasi layanan digital. Selama tiga tahun kebelakang Brantas Abipraya terus berkarya maju dalam terpaanbadai pandemi. Sebagai salah satu BUMN yang bergerak di industri konstruksi, tentunya keselamatan kerja adalah hal yang perlu diutamakan. Membuktikan komitmennya, Brantas Abipraya telah mendorong perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi. Disebutkan pula bahwa pandemi COVID-19 jadi momentum bagi Brantas Abipraya untuk memahami pentingnya K3L di tempat kerja. Ia mengklaim, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu telah menerapkan Behaviour Based Safety (BBS) baik di lingkungan kantor maupun proyek pada masa pandemi. Adapun tujuan BBS adalah mempersiapkan dan melatih perusahaan agar mempunyai ketahanan terhadap bencana.

Selain itu, Bapak Suradi selaku Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Brantas Abipraya menyampaikan bahwa Perseroan telah mengimplementasikan Enterprise Resource Planning (ERP) Finance & Controlling (FICO) yaitu sebuah sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP itu bertujuan untuk memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan.

“Sistem ERP FICO juga memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi dalam integrasi proses bisnis di perusahaan, antara lain meningkatkan akurasi proses bisnis yg real-time serta kemudahan dalam melakukan monitoring dengan sistem yang terpusat, sehingga manajemen dapat meminimalisir risiko keuangan,” jelas Suradi.

Memperkuat posisinya sebagai BUMN champion dalam pembangunan infrastruktur air khususnya bendungan, Brantas Abipraya kerap melakukan pengembangan sumber daya manusia (SDM)-nya. Mulai dari pengoptimalan talent management hingga mendirikan sekolah dam pertama di Indonesia. Pengembangan SDM khususnya talenta-talenta muda di Abipraya menjadi prioritas, dengan mengoptimalkan talent management, Abipraya fokus untuk mengakselerasi kualitas agar dapat berperan aktif berkolaborasi, untuk mendukung pembangunan infrastruktur negeri.

Salah satunya dengan mendirikan sekolah bendungan pertama di Indonesia. School of Dam and Water Resources diresmikan berbarengan dengan peluncuran Lembaga Pengembangan Kompetensi (LPK) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Brantas Abipraya (17/3). Kompetensi dan keahlian tenaga kerja atau human capital harus terus ditingkatkan, dan dengan adanya sekolah ini Brantas Abipraya dituntut untuk menyesuaikan, menjawab tantangan perubahan teknologi dan ilmu yang berkembang.

Beberapa transformasi sebagai amunisi Brantas Abipraya ini tentunya memberikan dampak positif dalam peranannya berkarya membangun PSN. Kinerja Brantas Abipraya-pun mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan raihan penghargaan sebagai Badan Usaha Jasa Konstruksi Kategori Kinerja Proyek dan Kinerja Manajemen Perusahaan pada ajang Malam Penganugerahan Penghargaan Bidang Jasa Konstruksi Tahun 2022 dalam rangka Hari Bakti PU ke-77 (19/12)

“Brantas Abipraya akan terus bertransformasi, untuk selalu tumbuh menjadi BUMN Konstruksi sehat, unggul dan semua karya infrastrukturnya dapat berkontribusi memberikan kenyamanan dan kemudahan masyarakat Indonesia dalam menunjang produktivitas sehari-hari,” tutup Tumpang Muhammad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper