Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: Daftar 10 Kecelakaan Transportasi Terbesar di Indonesia

Bisnis.com merangkum Kaleidoskop 2022 mengenai daftar 10 kecelakaan transportasi terbesar di Indonesia.
Truk tronton rusak berat akibat menabrak sejumlah kendaraan yang berhenti saat lampu merah menyala di persimpangan Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Jumat (21/1/2022). ANTARA/Novi Abdi/am
Truk tronton rusak berat akibat menabrak sejumlah kendaraan yang berhenti saat lampu merah menyala di persimpangan Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Jumat (21/1/2022). ANTARA/Novi Abdi/am

Bisnis.com, JAKARTA - Puluhan jiwa melayang akibat kecelakaan sektor transportasi di Indonesia selama 2022. Berdasarkan catatan Bisnis.com, setidaknya ada 10 kecelakaan transportasi pada tahun ini yang memiliki tingkat fatalitas cukup tinggi.

Kecelakaan terbesar sepanjang tahun ini terjadi di hampir seluruh moda transportasi yakni angkutan jalan, kereta api, dan laut. Tidak sedikit dari kasus-kasus ini berujung pada proses hukum kepada pengemudi angkutan.

Daftar 10 Kecelakaan Transportasi Terbesar di Indonesia:

1. Kecelakaan truk tronton di Balikpapan (Januari)

Berdasarkan kronologinya, truk tronton berwarna merah melaju saat lampu merah diduga karena rem blong, dan menabrak sejumlah kendaraan roda empat dan sepeda motor di simpang perempatan traffic light Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/2/2022).

Berdasarkan laporan Ditlantas Polda Kaltim, terdapat lima orang warga yang meninggal dunia, empat orang luka berat, dan beberapa di antaranya luka ringan.

Imbas dari kecelakaan tersebut, sopir truk tronton berinisial MA (48) ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Kalimantan Timur. Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Balikpapan langsung merevisi aturan jam operasional angkutan alat berat.

2. Longboat tenggelam di perairan Tanjung Burang (Februari)

Sebanyak enam orang meninggal dunia akibat tenggelamnya longboat Rajawali di Perairan Tanjung Burang, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Senin (21/2/2022). Berdasarkan keterangan Basarnas Ambon, mayoritas korban berusia lanjut, namun di antaranya terdapat seorang balita berusia 6-8 tahun.

Longboat tersebut awalnya mengangkut sebanyak 25 orang dan berangkat pada pagi hari waktu setempat. Pada siang hari, sesampainya di Perairan Tanjung Burang, perahu diterpa gelombang tinggi sekitar 3-4 meter disertai angin kencang sampai akhirnya tenggelam.

3. Tabrakan kereta api dan bus pariwisata di Tulungagung, Jawa Timur (Februari)

Kecelakaan antara dua moda transportasi itu dilaporkan terjadi di Desa Ketanon, Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (27/2/2022) sekitar pukul 05.00 WIB.

Satu unit bus pariwisata tertabrak kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di lokasi TKP. Sebanyak empat penumpang dilaporkan tewas akibat kecelakaan tersebut, sedangkan belasan penumpang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka serius sehingga harus dilarikan ke RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Berdasarkan seorang saksi yang dikutip dari Antara, bus pariwisata milik PO Harapan Jaya itu tertabrak Kereta Api (KA) Rapih Dhoho yang melaju dari arah Stasiun Tulungagung menuju Kediri.

4. Kecelakaan tunggal mobil pikap di Bondowoso (Maret)

Sebuah mobil pikap Grand Max dengan nomor polisi P 8347 A mengangkut 27 orang penumpang buruh tani kentang mengalami oleng, hilang kendali, dan terguling dengan posisi terbalik, di jalan Desa Gunung Antar, Tapen, Bondowoso, Jawa Timur, Senin (21/3/2022).

Berdasarkan keterangan Polres Bondowoso, bak pikap terbuka dan saat oleng beberapa korban ikut tertimpa kendaraan. Akibatnya, sebanyak lima orang meninggal dunia, dan sisanya mengalami luka-luka.

5. Bus hantam 17 kendaraan di Tol Cipularang (Juni)

Kecelakaan lalu lintas beruntun tersebut terjadi di jalan tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, Minggu (26/6/2022). Berdasarkan keterangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., kejadian bermula dari Bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

Tiga orang mengalami luka berat dan sebanyak 16 orang luka ringan. Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur menduga bus Laju Prima mengalami rem blong sehingga menabrak kendaran di depannya.

Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus lantaran terjadi saat situasi lalu lintas padat, dan terjadi pada akhir pekan yang mana biasanya pergerakan masyarakat ke arah Jakarta meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper