Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022, Bantu Selamatkan Ekonomi dari Resesi?

Seorang akademisi Inggris menilai Argentina berada di posisi yang lebih baik dibanding lawannya menuai keuntungan ekonomi setelah memenangkan Piala Dunia 2022.
Selebrasi timnas Argentina usai menjadi juara Piala Dunia 2022/FIFA
Selebrasi timnas Argentina usai menjadi juara Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis menempatkan  La Albiceleste, julukan Timnas Argentina, berakhir lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 3-3 hingga babak tambahan. Pertandingan terakhir tersebut akhirnya dimenangkan Argentina 4-2 dari titik 12 pas dan menjadi jawara pada Piala Dunia 2022.

Kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 tidak hanya membanggakan negara sendiri tapi juga berpengaruh pada perekonomian setempat.

Dilansir dari Bloomberg pada Senin (19/12/2022), seorang akademisi Inggris menilai Argentina berada di posisi yang lebih baik daripada Prancis untuk menuai keuntungan ekonomi setelah memenangkan Piala Dunia.

"Juara dunia sepakbola itu cenderung menikmati tambahan 0,25 poin persentase pertumbuhan ekonomi dalam dua kuartal setelah turnamen," kata Marco Mello dari University of Surrey, Inggris.

Mello mengatakan, kemenangan di Piala Dunia berdampak juga pada peningkatan ekspor. Penyebab utamanya, negara pemenang menikmati visibilitas internasional yang lebih besar.

Salah satu contoh riset yang telah di buktikan, yakni lompatan luar biasa dalam ekspor Brasil setelah memenangkan Piala Dunia 2002.

Mello memperhitungkan bahwa dari dua negara yang bertanding di final dan disaksikan oleh separuh dunia lebih menguntungkan Argentina.

"Jika ada salah satu dari dua negara yang mungkin mendapat manfaat, mirip dengan Brasil, ini adalah Argentina dan bukan Prancis. Mungkin efeknya kurang menonjol bagi Prancis karena dia adalah pemenang petahana, sehingga tidak terlalu mengejutkan." tutur peneliti Pasca doktoral tersebut.

Seperti Argentina, Prancis sedang berjuang dalam ekonominya. Negara itu tengah berada dalam krisis energi dan gelombang pemogokan. Sedangkan, Argentina mengalami inflasi mendekati 100 persen, dan mengalami kekeringan yang mengancam akan memangkas ekspor tanaman tahun depan. Inflasi Argentina menjadi yang tertinggi di dunia.

Sejarah menunjukkan bahwa masalah ekonomi yang sudah ada sebelumnya dapat membatasi keuntungan apa pun yang datang dengan kemenangan Piala Dunia.

Meski demikian, riset juga menunjukkan bahwa pencapaian semi final saja sudah mendatangkan keuntungan. Hanya dengan mencapai perempat final dapat memberikan peningkatan ekspor dan diversifikasi perdagangan, menurut sebuah makalah tahun 2014 – yang mungkin menjadi kabar baik untuk kejutan semifinalis tahun ini Maroko, dan pada tingkat yang lebih rendah Kroasia.

"Krisis biaya hidup dan potensi resesi yang mendekat ini mungkin menutupi efek akhir dari memenangkan Piala Dunia." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper