Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pariwisata Membaik, IDEA Terima Permintaan 4.500 Tenaga Kerja

Permintaan tenaga kerja pariwisata saat ini sudah mulai meningkat menyusul perbaikan sektor pariwisata.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  15:33 WIB
Pariwisata Membaik, IDEA Terima Permintaan 4.500 Tenaga Kerja
ilustrasi hotel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Relaksasi kebijakan penanganan COVID-19 dari Pemerintah membuat sektor pariwisata kembali bangkit dan diprediksi berkembang pesat di tahun 2023.

Menurut data keuangan 43 emiten Bursa Efek Indonesia yang terkait dengan sektor pariwisata per 2 September 2022, sektor pariwisata mengalami peningkatan pendapatan dari bisnis hotel dan restoran sebesar 9% pada semester pertama tahun 2022 dibanding periode yang sama tahun 2021, yaitu naik dari Rp 11,87 triliun menjadi Rp 12,93 triliun

Rebound sektor pariwisata, tentunya langsung berdampak pada meningkatnya permintaan kebutuhan tenaga kerja terlatih (skillful workers) dari industri hospitality, tourism dan culinary salah satuny dirasakan oleh PT IDeA Indonesia Tbk.

IDEA mencatat sejak awal 2022 telah menerima sedikitnya 4.500 permintaan tenaga kerja terlatih untuk ditempatkan di hotel, restaurant, resort, villa, sampai kapal pesiar.

Oleh karena itu, alumni-alumni program yang sempat dirumahkan karena pandemi, saat ini telah seluruhnya kembali bekerja di industri. Begitu juga, sebanyak 159 peserta Program periode Juli 2022, 95% telah mendapat penempatan kerja, sisanya tinggal menunggu kontrak kerja dan pemberangkatan.

Mengingat tingginya tren permintaan tenaga kerja ini, IDEA bergerak cepat untuk membuka Cabang baru di Semarang, Jawa Tengah pada November 2022 lalu. Dengan hadirnya IDEA di Semarang diharapkan dapat mendukung cabang di Lampung dan Surabaya untuk memenuhi permintaan tenaga kerja yang diprediksi meningkat mulai tahun 2023 dan seterusnya.

Direktur Utama PT Idea Indonesia Tbk, Eko Desriyanto, menegaskan pihaknya akan terus fokus mengembangkan cabang ke beberapa daerah dan meningkatkan efektifitas penjaringan peserta program melalui kombinasi strategi marketing offline dan online secara intensif.

“Ada 6 hotel yang sudah ada dalam pipeline IDEA untuk dijadikan mitra pengembangan cabang yang tersebar di Jakarta, Yogyakarta, Palembang, dan Makassar”, ungkap Eko.

Terkait dengan penjaringan peserta Eko menegaskan potensi rekrutmen seperti sebelum pandemi, dimana 1 cabang bisa mendapat setidaknya 500 peserta. “Saat ini sekolah sudah 100% KBM tatap muka, sehingga kesempatan untuk melakukan sosialisasi tatap muka bisa dilakukan secara lebih efektif untuk memenuhi target perusahaan” pungkasnya.

Saat ini PT Idea Indonesia Tbk mengoperasikan 3 Cabang di 3 Hotel Berbintang yaitu, Cabang Lampung di Aidia Grande Hotel 3 yang dimiliki oleh entitas anak PT Idea Indonesia Propertindo, Cabang Surabaya di Garden Palace Hotel *4, dan Cabang Semarang di Pandanaran Hotel 3.

Baru-baru ini, anak usaha PT Idea Indonesia Propertindo Tbk telah menyelesaikan pembangunan tambahan kamar dan fasilitas pendukung hotel berbintang seperti kolam renang, gym, dan meeting room.

"Dengan terlaksananya realisasi penambahan kamar dan fasilitas pendukung pada Aidia Grande Hotel, kami percaya diri bahwa anak perusahaan ini akan menyumbang pendapatan lebih besar sekaligus penopang utama proses pelatihan (teaching factory) yang menjadikan Perseroan sebagai penyedia Jasa Pelatihan yang berbasis Industri pertama di Indonesia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata industri pariwisata Destinasi Pariwisata Indonesia tenaga kerja
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top