Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penawaran: Jenis, Hukum, Faktor yang Mempengaruhi dan Contohnya

Penawaran adalah suatu yang dapat mempengaruhi harga pasar. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 18 November 2022  |  22:08 WIB
Penawaran: Jenis, Hukum, Faktor yang Mempengaruhi dan Contohnya
Jenis/jenis penawaran
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang tersedia di pasar untuk ditawarkan pada tingkat harga dan waktu tertentu. Pengertian penawaran, semakin tinggi harga barang atau jasa, maka semakin tinggi juga barang dan jasa yang ditawarkan. Produsen atau pedagang akan memasok produk lebih banyak Ketika harga cenderung mengalami kenaikan. 

Penawaran juga bisa diartikan sebagai banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan bisa ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode dan waktu tertentu. Jadi dapat dikatakan, pelaku penawaran ini merupakan pihak produsen atau penjual. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang penawaran yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Faktor yang mempengaruhi penawaran

  • Biaya produksi 
    Dinamika biaya produksi memiliki peran penting dalam mempengaruhi penawaran barang dan jasa dari produsen. Jika peningkatan biaya sangat tinggi, produsen cenderung mengurangi produksi, sehingga menurunkan penawaran. 
  • Harga produk 
    Peningkatan dan penurunan harga barang akan berpengaruh pada keuntungan yang didapat dari penjualan barang atau jasa. Spekulasi tentang harga produk di masa depan bisa mempengaruhi penawaran suatu produk. Jika harga produk naik di masa depan, maka pasokan produk tersebut akan berkurang di pasar saat ini karena keuntungan yang diharapkan oleh penjual di masa depan, begitu juga sebaliknya. 
  • Kemajuan teknologi 
    Peningkatan teknologi berarti bahwa jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, atau biaya input yang diperlukan berkurang. Jika biaya produksi lebih rendah, produsen terdorong untuk meningkatkan output. 
  • Peningkatan jumlah produsen 
    Jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, maka kemungkinan besar pemodal-pemodal baru akan berdatangan dan ikut di usaha tersebut. Dengan bertambahnya produsen baru ini, penawaran akan suatu barang atau jasa juga meningkat. 
  • Persediaan sarana produksi 
    Produksi akan terganggu jika persediaan sarana produksi berkurang. Penawaran beras pada daerah tertentu cenderung menurun karena banyak lahan pertanian yang berubah fungsi menjadi daerah industri.

2. Jenis-jenis penawaran

  • Penawaran perorangan 
    Penawaran perorangan merupakan penawaran yang dilakukan oleh seorang penjual dalam menawarkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga. 
  • Penawaran pasar
    Penawaran pasar adalah keseluruhan penawaran yang didapat dari penjumlahan penawaran perorangan suatu barang atau jasa pada berbagai tingkat harga. 

3. Fungsi penawaran

Fungsi penawaran(demand) adalah hubungan antara banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan harganya. 

4. Hukum penawaran

‘Semakin tinggi harga pasar sebuah barang atau jasa, maka semakin tinggi juga penawaran yang diberikan produsen kepada pasar’ alasannya karena dalam bisnis, keuntungan menjadi tujuan yang paling utama. Sehingga Ketika produsen melihat adanya kenaikan harga, maka mereka akan memproduksi lebih banyak barang. Sebaliknya, jika harga barang atau jasa menurun, maka jumlah yang ditawarkan oleh produsen juga akan semakin berkurang.

5. Contoh penawaran

Ketika harga games Rp1.000.000, maka perusahaan mungkin hanya memproduksi produk tersebut sebanyak 100 buah. Sementara itu, jika harga produk tersebut naik menjadi Rp1.500.000, mereka mungkin akan mendistribusikan 150 games untuk memperoleh profit yang besar. 

6. Kurva penawaran

Kurva penawaran merupakan grafik yang menggambarkan korelasi antara harga dan kuantitas barang yang terjadi pada periode tertentu. Di kurva tersebut, harga akan digambarkan di garis vertikal yang berada di kiri, dan kuantitas barang akan berada di sumbu horizontal. 

Kurva penawaran berfungsi untuk menunjukkan kenaikan dan penurunan harga suatu komoditi berdasarkan permintaan. selain itu, kurva akan bergerak ke atas dari kiri ke kanan jika harga komoditas tertentu meningkat atau jumlah yang ditawarkan meningkat. 

7. Rumus fungsi penawaran

Qs = a + bPs

Qs =  jumlah barang yang ditawarkan.

Ps = harga barang yang ditawarkan.

a & b = konstanta 

8. Perbedaan penawaran dan permintaan

Penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang tersedia dan bisa dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga. Sedangkan permintaan merupakan jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen. 

Itulah beberapa hal tentang penawaran. Sudah lebih paham bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi Penawaran perdagangan tips bisnis bisnis penjualan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top