Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BREAKING NEWS: Leaders' Declaration KTT G20 Bali Telah Disahkan!

Pengesahan Leaders Declaration KTT G20 Bali berlangsung pada hari kedua, Rabu (16/11/2022).
Suasana di ruang pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali di Candi Ballroom, The Apurva, Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11/2022). Dok. Biro Setpres RI
Suasana di ruang pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali di Candi Ballroom, The Apurva, Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Selasa (15/11/2022). Dok. Biro Setpres RI

Bisnis.com, BADUNG — Para pemimpin negara G20 telah mengesahkan deklarasi atau Leaders' Declaration Adopted dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali

Pengesahan itu berlangsung pada hari kedua KTT G20, Rabu (16/11/2022) Bali pada pukul 13.30 WITA di Candi Ballroom The Apurva Kempinski. 

“G20 Bali Leaders' Declaration sudah disahkan. Pukul 13.30 WITA, 16 November 2022,” ujar salah seorang sumber yang berkaitan KTT G20, Rabu (16/11/2022).

Pertemuan para pemimpin negara G20 masih berlangsung secara tertutup saat berita ini ditulis. Pada pertemuan sesi ketiga, Presiden Jokowi dan kepala negara G20 membahas isu digitalisasi dan tata kelolanya secara global.

Berdasarkan dokumen Leaders' Declaration Adopted yang diterima Bisnis, ada 52 poin yang dipaparkan dalam hasil akhir KTT G20 Bali yang berlangsung 15-16 November 2022. 

Poin pertama Leaders' Declaration Adopted menjelaskan bagaimana 14 tahun yang lalu para Pemimpin G20 bertemu untuk pertama kalinya. Negara G20 menghadapi krisis keuangan yang paling parah kala itu.

Negara-negara G20 menyadari, sebagai ekonomi global yang besar, bahwa secara kolektif kami memikul tanggung jawab dan bahwa kerja sama kita diperlukan untuk pemulihan ekonomi global, untuk mengatasi tantangan global, dan meletakkan dasar untuk pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

"Kami menetapkan G20 sebagai forum utama untuk kerja sama ekonomi global, dan hari ini kami menegaskan kembali komitmen kami untuk bekerja sama karena kita, sekali lagi, mengatasi tantangan ekonomi global yang serius," tulis Leaders' Declaration Adopted seperti dikutip Bisnis, Rabu (16/11/2022). 

Negara G20 lantas bertemu di Bali pada 15-16 November 2022, di saat krisis multidimensi yang tak tertandingi. Negara G20 punya
mengalami kehancuran yang dibawa oleh pandemi Covid-19, dan tantangan lainnya termasuk iklim perubahan, yang telah menyebabkan kemerosotan ekonomi, peningkatan kemiskinan, memperlambat pemulihan global, dan menghambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 

Tahun ini, dunia juga menyaksikan perang di Ukraina berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Forum tersebut menegaskan kembali posisi G20 sebagaimana dinyatakan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB, yang dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, dengan suara terbanyak (141 suara setuju, 5 tidak setuju, 35 abstain, 12 tidak hadir) menyesalkan dengan sedalam-dalamnya serangan oleh Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina.

Kebanyakan anggota G20 mengutuk keras perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerapuhan yang ada dalam ekonomi global, menghambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kerawanan energi dan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan.

"Ada pandangan lain dan penilaian berbeda tentang situasi dan sanksi. Menyadari bahwa G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah keamanan, kami mengakui bahwa masalah keamanan dapat terjadi konsekuensi yang signifikan bagi ekonomi global," tulis  Leaders' Declaration Adopted

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper