Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menkeu AS dan Australia di KTT G20 Bali, Ada Perwakilan Rusia?

Menteri Keuangan AS, Australia, dan beberapa negara G20 sudah hadir di Bali. Ada Menkeu Rusia sebagai perwakilan Putin?
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 13 November 2022  |  10:20 WIB
Menkeu AS dan Australia di KTT G20 Bali, Ada Perwakilan Rusia?
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen di agenda pertemuan bilateran Indonesia-AS di sela-sela Finance Minister and Central Bank Governors (FMCBG) G20 Nusa Dua, Bali (16/7/2022) - Antara
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG — Setidaknya ada 5 menteri keuangan dari negara-negara anggota G20 tercatat sudah hadir di Nusa Dua, Bali. Menteri-menteri lainnya akan hadir menjelang Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Wempi Saputra menjelaskan bahwa sejumlah menkeu dari berbagai negara mengikuti Pertemuan Gabungan Kedua Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan (2nd JFHMM) secara langsung di Nusa Dua, Bali pada Sabtu (12/11/2022) malam.

Tercatat bahwa lima menteri keuangan hadir secara langsung di Bali kemarin malam. Mereka adalah Menkeu Amerika Serikat Janet Yellen, Menkeu Australia Jim Chalmers, Menkeu Afrika Selatan Enoch Godongwana, Menkeu Arab Saudi Mohammed Al-Jadaan, Menkeu Rusia Anton Siluanov. 

Wempi, yang baru saja menjabat sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia, menyatakan bahwa beberapa menkeu lainnya akan hadir menjelang KTT G20 pada 15—16 November 2022.

"Besok akan mulai datang lagi. Mungkin dari India, mungkin dari Uni Eropa. Namun, sampai malam ini baru lima menteri keuangan," ujar Wempi pada Sabtu (12/11/2022) tengah malam.

Hadirnya Anton Siluanov mewakili Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin yang tidak akan hadir secara fisik dalam rangkaian pertemuan maupun KTT G20. Namun, Putin akan turut bergabung secara virtual.

"[3 kepala negara yang tidak hadir] saya kira ada yang virtual. [Presiden Vladimir] Putin virtual," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada Sabtu (12/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KTT G20 g20 janet yellen Rusia
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top