Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 11 Ruas Tol Siap Beroperasi Akhir 2022, dari Bengkulu, Becakayu hingga Demak

11 ruas tol baru sepanjang 200 km dipastikan akan beroperasi di akhir tahun 2022.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 12 November 2022  |  10:35 WIB
Ini 11 Ruas Tol Siap Beroperasi Akhir 2022, dari Bengkulu, Becakayu hingga Demak
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono - BISNIS - Afiffah Rahmah Nurdifa
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan operasional 11 jalan tol baru sepanjang 200 km akan berjalan di penghujung akhir tahun 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain jalan tol baru, pihaknya juga telah mempersiapkan 9 bendungan baru yang dapat segera difungsikan akhir tahun ini.

"Ada 200 km lagi, ada 11 ruas. Jadi kaya Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Pekanbaru-Bangkinang, ada Becakayu juga, tol Semarang-Demak. Bukan hanya tol, ada juga beberapa bendungan, ada 9," kata Basuki kepada wartawan, Kamis (12/11/2022).

Dari 11 ruas tersebut, Basuki tak menyebutkan rinci apa saja jalan tol yang siap beroperasi. Namun, dia menegaskan 11 ruas tol baru dengan panjang 200 km tersebut telah siap beroperasi dan tidak mesti diiringi dengan peresmian langsung Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, menurutnya pembukaan ruas tol baru akan dilakukan setelah penyelenggaraan KTT G20 di Bali selesai. Sebagian di November, dan sebagian lainnya di Desember.

"[Operasional] paling habis G20 ini, di November. Tol Cisumdawu itu harus kita selesaikan Desember ini," tegasnya.

Adapun, menurut catatan Bisnis, Badan Pengatur Jalan Tol PUPR sebelumnya telah menargetkan 10 ruas jalan tol yang beroperasi di akhir tahun ini. Berdasar data BPJT, adapun ruas tol yang selesai hingga Desember yaitu Cileunyi-Sumedang–Dawuan sepanjang 49,3 km, Ciawi-Sukabumi Seksi 2 sepanjang 11,9 km.

Selanjutnya, Jalan Tol Semarang–Demak Seksi 2 sepanjang 16,3 km, Cibitung-Cilincing (JORR II) Seksi 4 sepanjang 7,7 km, Cimanggis-Cibitung (JORR II) Seksi 2A sepanjang 3,5 km, Cinere–Jagorawi (JORR II) Seksi 3 sepanjang 5,5 km, Serpong–Cinere (JORR II) Seksi 2, 3, 6.

Selanjutnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 Segmen Kutanegara-Sadang sepanjang 8,5 km, Sigli–Banda Aceh Seksi 5 dan 6 sepanjang 12,5 km, dan Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat seksi 1 dan 2 38,5 km.

Sebagai informasi, hingga September 2022, tercatat total pengoperasian sejumlah ruas jalan tol di Indonesia secara keseluruhan telah mencapai sepanjang 2.500 km dengan terbagi menjadi 68 ruas jalan tol dan 55 badan usaha jalan tol (BUJT) yang ada di Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, hingga Pulau Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top