Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebal Resesi, Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tumbuh 6 Persen Kuartal III/2022

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III/2022 ditopang oleh permintaan dan mobilitas masyarakat yang terus membaik di tengah pelonggaran PPKM.
Lalu lintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. /Antara
Lalu lintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Selatan. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 6,00 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada kuartal III/2022, ditopang oleh permintaan dan mobilitas masyarakat yang terus membaik di tengah pelonggaran PPKM.

“Kami masih melihat PDB Indonesia di kuartal III/2022 tetap solid, tumbuh sekitar 6 persen yoy. Kami memperkirakan PDB Kuartal III/2022 tumbuh 6,00 persen yoy, meningkat dari 5,44 persen yoy di kuartal II/2022,” kata Faisal dalam keterangan resmi, Jumat (4/11/2022). 

Faisal menyampaikan, konsumsi rumah tangga diprediksi masih menjadi sumber utama pertumbuhan tahunan. Pertumbuhan konsumsi rumah tangga tahunan akan terus menguat, didukung oleh membaiknya mobilitas masyarakat, bantuan sosial, dan low base effect kuartal III/2022.

Adapun pertumbuhan belanja pemerintah diprediksi masih mengalami kontraksi seiring dengan situasi Covid-19 yang semakin terkendali.

Pertumbuhan tahunan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi diprediksi menguat seiring dengan ekspansi PMI manufaktur.

Kinerja ekspor bersih terlihat tetap solid, masih karena permintaan eksternal yang terjaga dan sektor pariwisata yang membaik.

“Dengan permintaan domestik yang sehat, pertumbuhan ekspor yang kuat, kondisi fiskal yang hati-hati, dan manajemen Covid-19 yang solid, kami mempertahankan perkiraan kami bahwa ekonomi Indonesia berpotensi tumbuh sebesar 5,17 persen pada tahun 2022, meningkat dari 3,69 persen pada tahun 2021,” jelasnya.

Sementara itu, Faisal melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia turun tipis menjadi 5,04 persen pada 2023, di tengah normalisasi moneter global yang agresif untuk memerangi inflasi yang masih tinggi.

Adapun Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai di atas 5,5 persen pada kuartal III/2022.

“Kami optimistis pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari 5,5 persen, perkiraan kami dari berbagai indikator, penjualan eceran, keyakinan konsumen, kredit, juga transaksi berjalan, dan ekspor yang bagus, itu semua mendukung kami optimistis,” kata Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper