Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dow Indonesia Klarifikasi Soal Pasok Bahan Obat yang Sebabkan Gagal Ginjal Anak

Dow Indonesia, perusahaan asal Thailand, klarifasi soal bahan obat sebabkan penyakit gagal ginjal anak. Ini jawabannya.
Ilustrasi obat sirup cair
Ilustrasi obat sirup cair

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asal Thailand, Dow melayangkan klarifikasi terkait kabar ada perusahaan farmasi langganannya yang menggunakan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dengan kadar tinggi dan menyebabkan gagal ginjal lewat obat sirup.

Presiden Direktur Dow Indonesia Riswan Sipayung menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan penyelidikan internal.

Hasilnya menunjukkan Dow tidak menemukan nama perusahaan terduga pelaku tindak pidana kasus gagal ginjal akut yang disebutkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam daftar pelanggannya. Perusahaan yang disebutkan BPOM adalah PT Yarindo Farmatama.


“Dow juga melakukan penyelidikan internal secara menyeluruh dan kami tidak menemukan nama perusahaan yang disebutkan oleh BPOM dalam daftar pelanggan kami,” ujar Riswan dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).


Dia memastikan bahwa Propilen Glikol (PG USP) yang dipasok oleh Dow dalam bentuk tersegel tidak mengandung EG dan DEG.

“Hasil analisis secara rinci dan dokumen-dokumen terkait yang diminta telah kami serahkan kepada BPOM. Kami berkomitmen untuk sepenuhnya mendukung dan bekerja sama dengan BPOM, serta siap untuk melakukan semua tes yang dibutuhkan terhadap produk-produk kami,” tuturnya.

Lebih lanjut, Riswan mengatakan Dow mematuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di manapun kami beroperasi, termasuk Indonesia, dan mendukung upaya pemerintah untuk menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Dow sebagai perusahaan materials science juga, ujar dia, memiliki komitmen untuk selalu menjaga kualitas dan memastikan keamanan produk.

“Oleh karena itu, produk-produk kami digunakan di seluruh dunia karena telah dipastikan kualitas dan kepatuhannya untuk formulasi obat, dan telah melewati serangkaian tes untuk memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku,” terangnya.


Diberitakan sebelumnya, BPOM mengatakan pelarut obat atau Propilen Glikol yang menjadi cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada obat sirop penyebab gagal ginjal akut diimpor dari Thailand.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahan baku obat yang digunakan PT Yarindo Farmatama merupakan buatan Dow Chemical Thailand.

"Produsennya adalah Dow Chemical Thailand, jadi negaranya Thailand. Dow Chemical-nya sumbernya Amerika, tapi kalau ini jalurnya dari Dow Chemical Thailand," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Senin (31/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper