Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menanti Investasi Tesla di Indonesia, Luhut: Tunggu Kabarnya di KTT G20

Luhut pastikan rencana Tesla benamkan investasi di Indonesia berjalan positif meskipun belum bisa diungkap besarannya.
Menanti Investasi Tesla di Indonesia, Luhut: Tunggu Kabarnya di KTT G20 / Bisnis - Komang Ary Wahyudi
Menanti Investasi Tesla di Indonesia, Luhut: Tunggu Kabarnya di KTT G20 / Bisnis - Komang Ary Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pembicaraan lanjutan soal rencana investasi pabrikan mobil listrik Tesla Inc. di Indonesia berjalan positif. 

Luhut mengatakan bahwa pemerintah akan membuka muatan rencana investasi Tesla Inc. itu saat pergelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada pertengahan November 2022 mendatang. 

“Kalau pembicaraannya tidak positif [dengan Tesla], ngapain saya mau ngomong,” kata Luhut saat ditemui di Ciputra Arpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022). 

Hanya saja, Luhut enggan menerangkan lebih lanjut terkait dengan komitmen investasi awal yang telah disepakati pemerintah bersama dengan pabrikan mobil setrum pimpinan Elon Musk tersebut. 

Luhut beralasan pemerintah mesti menjaga kepercayaan investor terkait dengan proses yang masih berlanjut. Dengan demikian, sambungnya, dirinya tidak dapat membuka terang-benderang ihwal perkembangan investasi salah satu pabrikan mobil listrik dengan pasar terbesar di dunia tersebut. 

“Nanti akan anda dengar beritanya sekitaran G20,” kata dia.

Seperti diketahui, miliarder sekaligus pendiri Tesla Elon Musk dan pendiri Microsoft Bill Gates telah mengonfirmasi kehadiran pada B20 Summit di Bali pada November mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani dalam B20 Indonesia Business & Investment Forum di Davos Swiss, Selasa (23/5/2022).

“Kita sangat gembira karena Elon Musk sudah bersedia untuk hadir juga di B20,” kata Shinta kepada media usai B20 Indonesia Business & Investment Forum di Davos Swiss, Selasa (24/5/2022). 

Shinta mengungkapkan sudah lebih dari 40 negara partisipan bisnis yang mengonfirmasi kehadiran dengan lebih dari 2000 orang yang bergabung pada komunitas B20.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa orang terkaya di dunia Elon Musk akan berinvestasi di Indonesia. Pemilik mobil listrik Tesla ini akan menanamkan modal pada dua sektor. 

“Dia akan masuk pada dua bagian investasi besar. Pertama ekosistem baterai mobil. Kedua mobilnya,” katanya pada konferensi pers melalui virtual dikutip Kamis (19/5/2022).

Bahlil menjelaskan waktu realisasi investasi Tesla masih belum bisa diumumkan. Begitu pula dengan nominal yang akan masuk ke Indonesia. 

Keinginan menggaet Tesla, tambah Bahlil, merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo. Kepala Negara juga memerintahkan agar perusahaan mobil listrik lainnya, Foxconn juga bisa masuk ke Indonesia. 

“Rayuan kita Foxconn bisa masuk. Tesla masih tarik ulur. Tapi alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Presiden, Tesla insyaallah masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper