Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Topang 40,9 Persen Realisasi Investasi Nasional, Sektor Manufaktur Bangkit?

Pada Januari-September 2022, sektor industri manufaktur memberikan kontribusi sebesar 40,9 persen terhadap total investasi yang mencapai Rp892,4 triliun.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 25 Oktober 2022  |  18:57 WIB
Topang 40,9 Persen Realisasi Investasi Nasional, Sektor Manufaktur Bangkit?
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Realisasi investasi sektor industri manufaktur mencapai Rp365,2 triliun sepanjang Januari-September 2022. Capaian itu naik 54 persen dibandingkan periode yang sama 2021 senilai Rp236,8 triliun.

Mengacu kepada pencapaian tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meminta seluruh pelaku kepentingan untuk menjaga kepercayaan diri investor di Industri tekstil. 

"Kepercayaan diri para investor di sektor industri ini harus tetap dijaga, yang didukung dengan berbagai kebijakan strategis," kata Agus dalam siaran pers, Selasa (25/10/2022). 

Merujuk data Kementerian Investasi/BKPM, pada Januari-September 2022, sektor industri manufaktur memberikan kontribusi sebesar 40,9 persen terhadap total investasi yang mencapai Rp892,4 triliun.

Secara kumulatif, investasi di Indonesia tumbuh 35,3 persen (y-o-y), dan selama 9 bulan terakhir berhasil mencapai 74,4 persen dari target Rp1.200 triliun pada 2022.

Sementara itu, penanaman modal dalam negeri (PMDN) di sektor industri manufaktur mencapai Rp104,9 triliun. Subsektor yang memberikan andil paling besar adalah industri makanan senilai Rp38 triliun atau 9,2 persen dari total realisasi PMDN yang mencapai Rp413,1 triliun.

Sementara itu, penanaman modal asing (PMA) di sektor industri manufaktur menembus Rp260,3 triliun.

Subsektor yang menyokong paling besar adalah industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya hingga menyentuh US$8,5 miliar atau berkontribusi 25,3 persen dari seluruh realisasi PMA yang berada di angka Rp479,3 triliun.

"Pemerintah fokus menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif dengan menjaga stabilitas ekonomi dan politik yang baik di dalam negeri," jelas Agus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur investasi investasi asing Agus Gumiwang kemenperin
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top