Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Damri Siapkan 1.000 Unit Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru

Sebanyak 1.000 unit bus damri disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur nataru
Bus Damri. /DAMRI
Bus Damri. /DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA -- Perum Damri menyiapkan sekitar 1.000 unit bus untuk menyambut libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. Pada tahun ini, volume penumpang diperkirakan meningkat.

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan saat ini perusahaan tengah membuat perencanaan perhitungan produksi dibarengi dengan persiapan armada, guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Armada yang akan dioperasikan Damri dipastikan telah melalui serangkaian proses rampcheck. Dari segi pengemudi, Damri rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala," tutur Zulfikri, Minggu (23/10/2022).

Damri memprediksi volume penumpang libur akhir tahun ini akan mengalami peningkatan seiring dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19 setelah kurun waktu tiga tahun terakhir. Selain itu, semakin longgarnya pembatasan pergerakan masyarakat akan mendorong pergerakan masyarakat pada saat akhir tahun ini.

"Momen ini dinilai Damri akan menjadi puncak pergerakan orang terutama untuk transportasi darat yang menjadi salah satu pilihan utama masyarakat," terang Zulfikri.

Selain perhitungan produksi dan persiapan armada, Damri turut memastikan kesiapan frontliner dari aspek standar pelayanan komunikasi, sikap, dan penampilan serta memastikan ketepatan waktu keberangkatan hingga fasilitas pendukung pada sarana dan prasarana.

Adapun mobilitas masyarakat pada saat libur Natan dan tahun baru diperkirakan meningkat baik pada perjalanan antarkota dan dalam kota khusunya di tempat wisata.

Kendati pergerakan tak setinggi saat libur Idulfitri,  Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai antisipasi oleh pemerintah maupun operator transportasi perlu disiapkan.

"Kalau Natal dan tahun baru orang lebih banyak bergerak untuk wisata, bukan pulang kampung. Meskipun itu hari keagamaan, tapi lebih sedikit. Lebih banyak [pergerakan] nanti di akhir pekan," jelasnya, Senin (17/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper