Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Damri Siapkan 1.000 Unit Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru

Sebanyak 1.000 unit bus damri disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur nataru
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 23 Oktober 2022  |  11:47 WIB
Damri Siapkan 1.000 Unit Bus Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Natal dan Tahun Baru
Bus Damri. - DAMRI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Perum Damri menyiapkan sekitar 1.000 unit bus untuk menyambut libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. Pada tahun ini, volume penumpang diperkirakan meningkat.

Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri mengatakan saat ini perusahaan tengah membuat perencanaan perhitungan produksi dibarengi dengan persiapan armada, guna mengantisipasi lonjakan penumpang.

"Armada yang akan dioperasikan Damri dipastikan telah melalui serangkaian proses rampcheck. Dari segi pengemudi, Damri rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala," tutur Zulfikri, Minggu (23/10/2022).

Damri memprediksi volume penumpang libur akhir tahun ini akan mengalami peningkatan seiring dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19 setelah kurun waktu tiga tahun terakhir. Selain itu, semakin longgarnya pembatasan pergerakan masyarakat akan mendorong pergerakan masyarakat pada saat akhir tahun ini.

"Momen ini dinilai Damri akan menjadi puncak pergerakan orang terutama untuk transportasi darat yang menjadi salah satu pilihan utama masyarakat," terang Zulfikri.

Selain perhitungan produksi dan persiapan armada, Damri turut memastikan kesiapan frontliner dari aspek standar pelayanan komunikasi, sikap, dan penampilan serta memastikan ketepatan waktu keberangkatan hingga fasilitas pendukung pada sarana dan prasarana.

Adapun mobilitas masyarakat pada saat libur Natan dan tahun baru diperkirakan meningkat baik pada perjalanan antarkota dan dalam kota khusunya di tempat wisata.

Kendati pergerakan tak setinggi saat libur Idulfitri,  Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai antisipasi oleh pemerintah maupun operator transportasi perlu disiapkan.

"Kalau Natal dan tahun baru orang lebih banyak bergerak untuk wisata, bukan pulang kampung. Meskipun itu hari keagamaan, tapi lebih sedikit. Lebih banyak [pergerakan] nanti di akhir pekan," jelasnya, Senin (17/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

damri Bus Damri Natal dan Tahun Baru natal Libur Natal & Tahun Baru
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top