Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wapres Buka Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Titip Pesan Ini ke Mendag

Wapres Ma’ruf Amin resmi membuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di ICE, BSD City pada Kamis (20/10/2022).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 20 Oktober 2022  |  13:33 WIB
Wapres Buka Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Titip Pesan Ini ke Mendag
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin dan Mendag Zulkifli Hasan saat saat membuka Jakarta Muslim Fashion Week 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, (20/10 - 2022) / Dok. Setwapres.
Bagikan
Bisnis.com, TANGERANG - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin resmi membuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (20/10/2022). 
 
Wapres Ma'ruf menyampaikan ajang JMFW 2023 menjadi ikhtiar pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia di 2024 mendatang. 
 
"Jakarta Muslim Fashion Week adalah salah satu ikhtiar untuk memajukan industri fesyen muslim Indonesia. Fashion capitals di dunia adalah New York, London, Paris dan Milan. Saya rasa tidak berlebihan jika kita bercita-cita menjadikan Jakarta dan kota lain di Indonesia sebagai Muslim Fashion Capital dunia,"kata Wapres saat membuka JMFW 2023. 
 
Bisnis fesyen muslim kian menarik perhatian dunia bahkan negara minoritas muslim. Salah satu merek produk olahraga terbesar dunia, yakni Nike, tidak ragu meluncurkan produk hijab olahraga yang kemudian dikenakan para atlet peraih emas olimpiade.
 
Dalam paparannya Ma'ruf menjelaskan pada 2016-2017 pengeluaran wanita muslim global untuk fesyen mencapai US$44 miliar. Pada 2024 diproyeksikan belanja fesyen konsumen muslim global akan mencapai US$311 miliar.
 
Bukan hanya global, industri fesyen muslim dalam negeri turut berkembang, yang pada 2021 tumbuh 18,2 persen dengan total konsumsi mencapai Rp300 triliun. Tidak hanya itu, ekspor fesyen muslim juga meningkat signifikan 12,5 persen, mencapai US$4,6 miliar pada 2021.
 
Wapres Ma'ruf berharap penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion Week tahun ini mampu meningkatkan kesadaran akan potensi besar bisnis fesyen muslim sehingga seluruh pemangku kepentingan semakin peduli untuk memajukan industri ini. 
 
"Saya juga berharap penggunaan pakaian muslim produk dalam negeri semakin marak, terutama produk UMKM," ujarnya.
 
Dia juga menitipkan pesan kepada Kementerian Perdagangan untuk jadi yang terdepan dalam melakukan promosi fesyen muslim secara digital dan menarik minat negara lain dalam dunia fesyen muslim. 
 
"Kepada Kementerian Perdagangan saya titip agar menggiatkan promosi produk fesyen muslim Indonesia, termasuk fesyen olahraga. Pesan ini saya titipkan juga untuk kantor-kantor perwakilan kita di luar negeri," ucap Ma'ruf.
 
Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan pada JMFW 2023 yang diikuti oleh 144 desainer dengan lebih dari 1.000 produk ini berharap terjadinya transaksi bisnis, terutama dengan luar negeri. 
"Saya mencatat sudah ada buyer Prancis, Malaysia, Arab Saud, Mesir, Spanyol, Viernam, dan Nigeria yang akan hadir di JMFW dan akan menjalankan kontrak bisnis. JMFW menjadi komitmen mendorong brand fesyen muslim Indonesia untuk menembus pasar dunia," ungkap Zulhas.
 
Sebagai informasi, JMFW 2023 akan digelar selama 3 hari mulai dari 20 Oktober hingga 22 Oktober 2022 di Hall 3A ICE, BSD City, Kab. Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

busana muslim fesyen
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top