Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Targetkan 70 SPBKLU Beroperasi Tahun Ini, PLN Ajak Kerja Sama Swasta

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, terdapat 16 unit SPBKLU yang telah diujicoba di kawasan Jakarta hingga September 2022.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau stasiun penukaran baterai kendaraan  likstrik umum (SPBKLU) di booth PLN dalam acara Investor Daily Summit 2022 di Jakarta Convention Center, Selasa (11/10/2022)/BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau stasiun penukaran baterai kendaraan likstrik umum (SPBKLU) di booth PLN dalam acara Investor Daily Summit 2022 di Jakarta Convention Center, Selasa (11/10/2022)/BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menargetkan terdapat 70 unit stasiun penukaran baterai kendaraan likstrik umum (SPBKLU) yang beroperasi pada tahun ini.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, terdapat 16 unit SPBKLU yang lebih dahulu diujicoba di kawasan Jakarta hingga September 2022.

SPBKLU ini merupakan bagian dari kerja sama antara PLN - BRIN - Grab dan Viar. Pada Oktober, PLN akan menambah empat unit lagi SPBKLU dan 50 unit SPBKLU akhir tahun nanti.

“SPBKLU ini infrastruktur penting dalam mendorong masifnya kendaraan listrik di Indonesia. Ditambah saat ini harga motor listrik sudah bersaing dengan motor berbahan bakar minyak," kata Darmawan saat menemani Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau booth SPBKLU PLN di Jakarta Convention Center, dikutip dari siaran pers, Rabu (12/10/2022).

Guna mendorong tumbuhnya SPBKLU, PLN juga menyiapkan skema kerja sama franchise SPBKLU. Calon mitra dapat berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik, penyedia lahan maupun properti, serta penyedia operasional dan pemeliharaan SPBKLU.

Dalam kerja sama franchise SPBKLU yang disediakan PLN, calon mitra dapat berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik, penyedia lahan maupun properti, serta penyedia operasional dan pemeliharaan SPBKLU.

"Salah satu skema partnership yang ditawarkan PLN adalah franchise, di mana mitra tidak perlu direpotkan dengan perizinan, penyediaan peralatan, pemeliharaan serta aplikasi pendukung dalam infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik," tuturnya.

Dia menuturkan, penggunaan kendaraan listrik lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan BBM. Dari perhitungan 1 liter BBM sama dengan 1,2 kWh listrik. Emisi karbon 1 liter BBM itu 2,4 kilogram (kg). Sedangkan 1 kWh listrik pada sistem kelistrikan di Indonesia, emisinya hanya sekitar 0,85 kg CO2e. Artinya, kalau 1,2 kWh, emisinya sekitar 1,1 kg CO2e.

"Jadi konsepnya sangat mudah, pengguna motor listrik cukup datang ke SPBKLU, buka aplikasi PLN Mobile, lalu tukar baterai dengan yang dayanya sudah terisi penuh dan siap untuk digunakan. Hanya sekitar 1 menit,” kata Darmawan.

SPBKLU kini telah banyak digunakan oleh pengguna motor listrik. Kemudahannya juga telah dirasakan oleh salah satu pengemudi ojek daring di Jakarta, Achmad Iskandar. Menurutnya untuk satu baterai penuh bisa digunakan untuk menempuh jarak sekitar 60 kilometer (km).

"Saya setiap hari bisa lebih dari 60 km. Hadirnya SPBKLU ini membuat penggunaan motor listrik lebih mudah, karena mengganti baterainya cepat dan bisa kembali bekerja mengantar penumpang," kata Achmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper