Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SiCepat Transisi Pakai Motor Listrik, Target Rampung Akhir Tahun

SiCepat menargetkan peralihan armada ke motor listrik selesai akhir tahun ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 28 September 2022  |  20:29 WIB
SiCepat Transisi Pakai Motor Listrik, Target Rampung Akhir Tahun
Layanan SiCepat yang terjangkau dan strategi brand awareness secara signifikan berdampak positif bagi bisnis Sicepat. - Sicepat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - SiCepat Ekspres secara bertahap telah mengkonversi kendaraan operasinya ke motor listrik dengan target akhir tahun 2022.

CEO SiCepat Ekspres The Kim Hai menjelaskan bahwa perseroan saat ini sedang dalam proses peralihan kendaraan operasional ke kendaraan listrik menggunakan motor listrik Volta.

"Ditargetkan untuk selesai direalisasi pada akhir 2022," ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Sebelumnya, SiCepat Ekspres telah berkolaborasi dengan PT Volta Indonesia Semesta dalam pembelian 10.000 unit motor listrik pada Desember 2021. Sejauh ini, sebutnya, penggunaan motor listrik telah berhasil melakukan penghematan biaya bahan bakar 25 persen atau sekitar Rp9 miliar.

Penggunaan motor listrik ini merupakan bentuk komitmen SiCepat Ekspres dalam mendukung misi pemerintah Indonesia dalam migrasi ke ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Selain menghemat biaya yang dikeluarkan untuk pembelian bahan bakar, melalui penggunaan motor listrik Volta, SiCepat Ekspres juga turut berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon.

Menurut penelitian Department of Environment, Food and Rural Affairs yang berbasis di London, Inggris, emisi karbon yang dihasilkan oleh bahan bakar berjenis bensin adalah 2,33 kg per liter.

Merujuk perhitungan tersebut, SiCepat Ekspres telah berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon lebih dari 12.000 ton atau setara dengan 5,4 juta liter konsumsi BBM selama 6 bulan pemakaian.

The Kim Hai pun menilai penggunaan motor listrik Volta untuk armada operasi sangat berdampak pada cost efficiency. Selain itu, manfaat tidak hanya dirasakan dari segi finansial saja. Penggunaan motor listrik ini juga merupakan program berkelanjutan yang akan didorong.

CEO PT Volta Indonesia Semesta Iwan Suryaputra mengatakan bahwa motor listrik Volta menjadi solusi yang tepat bagi SiCepat dalam penghematan biaya operasi. Teknologi sistem ganti baterai (SGB) yang digunakan Volta sangat efisien dengan kapasitas baterai yang bisa menempuh jarak hingga 60 km. Terlebih, jaringan SGB yang telah kami miliki juga memberikan kemudahan untuk mengganti baterai secara cepat.

Penggunaan motor listrik oleh SiCepat Ekspres ini juga diperkuat dengan perluasan infrastruktur stasiun penukaran baterai SGB di gerai-gerai SiCepat Ekspres. Terdapat lebih dari 118 stasiun penukaran baterai SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres yang meliputi wilayah Jabodetabek,Bali, Semarang, Solo, dan Karawang. Dengan adanya titik SGB yang berlokasi di gerai SiCepat Ekspres,pengguna motor listrik Volta dapat dengan mudah melakukan penggantian baterai pada unit motor listriknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SiCepat Motor Listrik Sepeda Motor Listrik sektor riil transportasi
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top