Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layani Umrah November 2022, Ini Fasilitas di Bandara Kertajati

Kemenhub telah mempersiapkan fasilitas di Bandara Kertajati yang akan melayani penerbangan umrah per November 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 September 2022  |  13:13 WIB
Layani Umrah November 2022, Ini Fasilitas di Bandara Kertajati
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKATA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan upaya untuk mempersiapkan Bandara Kertajati agar dapat melayani angkutan haji dan umrah pada November 2022, dan persiapan menjadi bandara internasional.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin menjelaskan langkah awal adalah membuka rute penerbangan untuk umrah yang akan dibuka November mendatang. Fasilitas Custom, Imigration, Quarantine (CIQ) yang saat ini sudah standby on call untuk bertugas.

"Tidak hanya fasilitas CIQ yang sudah standby on call, fasilitas penunjang lainnya seperti penginapan atau hotel di dekat bandara, Rumah Sakit, Asrama Haji dan fasilitas yang mendukung kelancaran operasional penerbangan di Bandara Kertajati sangat penting," ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Untuk itu kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan kementerian/lembaga terkait, dukungan pemerintah daerah dan stakeholder penerbangan sangat diperlukan.

Tentunya upaya ini harus didukung oleh fasilitas-fasilitas pendukung penting lainnya seperti jalan arteri dan akses jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang menghubungkan bandara dengan wilayah di sekitarnya. Akses tol ini direncanakan selesai pada Oktober nanti.

Dengan terbitnya Surat Edaran Satgas Covid-19 No. 25/2022, Instruksi Mendagri No.42/2023 serta Surat Edaran Menhub No. 88/2022, menjadikan Bandara Kertajati sebagai pintu masuk (entry point) perjalanan internasional, berpeluang memulihkan trafik penerbangan yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19.

Potensi jemaah umrah berasal dari Bandung Raya, Ciayumajakuning, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, berdasarkan data Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama pada Tahun 1444 H/2022, terdapat 8.657 jemaah umrah yang belum berangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati umrah Kemenhub
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top