Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Eceran Diproyeksi Melambat, Ini Sektor yang Masih Tumbuh 

Survey Bank Indonesia mencatat kinerja penjualan eceran diperkirakan tumbuh melambat pada Agustus 2022.
Ilustrasi pusat perbelanjaan./Bisnis.com
Ilustrasi pusat perbelanjaan./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Kinerja penjualan eceran diperkirakan tumbuh melambat pada Agustus 2022, yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil yang tumbuh sebesar 5,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Pertumbuhan tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan periode bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 6,2 persen yoy.

“Peningkatan penjualan eceran terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,6 persen yoy,” tulis Bank Indonesia (BI) dalam Laporan Survei Penjualan Eceran, Jumat (9/9/2022).

Sementara secara bulanan, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2022 diperkirakan tumbuh positif sebesar 1,3 persen (month-to-month/mtm), setelah mengalami kontraksi selama 3 bulan berturut-turut.

Peningkatan ini terutama didorong oleh peningkatan penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 2,4 persen mtm, serta perbaikan kelompok suku cadang dan aksesori yang  masih tercatat terkontraksi -0,6 persen mtm.

Di samping itu, kelompok lain yang tercatat masih tumbuh positif yaitu subkelompok sandang 1,7 persen  mtm dan bahan  bakar kendaraan bermotor dan perlengkapan rumah tangga lainnya, yang masing-masingnya tercatat sebesar 0,8 persen mtm.

Secara spasial, penjualan eceran diperkirakan tumbuh tinggi di Banjarmasin sebesar 53,7 persen yoy, Medan 19,4 persen yoy, dan  Makassar 13,1 persen yoy.

Pada Juli 2022, BI mencatat kinerja penjualan eceran  meningkat sebesar 6,2 persen yoy, didorong oleh kenaikan penjualan pada hampir seluruh kelompok barang, tertinggi pada subkelompok sandang sebesar 59,4 persen yoy dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor 67,2 persen yoy. 

Secara bulanan, pertumbuhan penjualan eceran pada Juli 2022 masih terkontraksi sebesar -3,1 persen mtm, namun membaik dari kontraksi -11,8 persen mtm pada bulan sebelumnya. Perbaikan penjualan terjadi pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, subkelompok sandang, serta kelompok barang budaya dan rekreasi.

Dengan perkembangan tersebut, BI memperkirakan penjualan eceran pada kuartal III/2022 akan meningkat, dengan Indeks Penjualan Eceran yang tumbuh sebesar 5,8 persen yoy. 

Peningkatan penjualan eceran pada kuartal IIi/2022 terpantau meningkat pada kelompok sandang sebesar 58,8 persen yoy, bahan bakar kendaraan  bermotor 61,2 persen yoy, serta suku cadang dan aksesori  19,9 persen  yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper