Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! 5 Rekomendasi Kebijakan Utama yang Didorong T20 Indonesia

T20 Indonesia mendorong lima rekomendasi kebijakan utama dalam komunike T20.
Bambang Brodjonegoro./Bisnis-M. Nurhadi Pratomo
Bambang Brodjonegoro./Bisnis-M. Nurhadi Pratomo

Bisnis.com, NUSA DUA — T20 Indonesia mendorong lima rekomendasi kebijakan utama dalam komunike T20.

Lead Co-Chair T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro menjelaskan T20 Communique atau Komunike T20 menjadi keluaran utama dalam agenda The Think20 (T20) Indonesia Summit 2022 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 5 September 2022 — 6 September 2022.

Bambang menjelaskan bahwa terdapat lima rekomendasi kebijakan utama. Pertama, mendorong pemulihan dan ketahanan.

Kedua, mempercepat kemajuan menuju net zero emissions (NZE). Ketiga, mengatur transformasi menuju masyarakat digital.

Keempat, menjadikan ekonomi lebih inklusif dan berpusat kepada rakyat. Kelima, menghidupkan kembali tata kelola global.

“Rekomendasi telah dikembangkan melalui proses yang ketat. T20 Indonesia telah mengumpulkan 764 abstrak kebijakan singkat dan menghasilkan 130 ringkasan kebijakan yang ditulis oleh lebih dari 200 penulis dari jaringan think tank di seluruh dunia,” ujarnya di Nusa Dua, Bali, Senin (5/8/2022).

Bambang mengungkapkan T20 Indonesia juga telah menyelenggarakan tiga side events utama yakni Global Solutions Summit, Global Policy Forum, and Global Dialogue. Tujuannya, untuk menghasilkan keluaran yang kuat dari T20 Indonesia.

Dalam semangat kerja sama, lanjut dia, G20 dapat mengkatlisasi pemulihan bersama dari berbagai guncangan mulai dari krisis keuangan berkala, pergeseran kekuatan geopolitik, berbagai dampak perubahan iklim, pandemi Covid-19, hingga efek dari perang antara Rusia dan Ukraina serta sanksi ekonomi terkait.

“Bukan pertama kalinya dunia dihadapkan pada lingkungan kebijakan yang sulit. Para pemimpin dunia telah berulang kali membuktikan tekad dan kemahiran untuk mengubah banyak kejutan menjadi peluang untuk penataan ulang kelembagaan yang inovatif yang berfungsi sebagai sumber pembaruan di semua lapisan masyarakat termasuk bisnis,” paparnya.

Bambang mengatakan para pemimpin G20 dapat menciptakan dan mengumpulkan momentum untuk pemulihan inklusif pada sisa 2022 dan 2023 dengan semangat kerja sama dan pengetahuan ilmiah yang besar serta sumber daya teknologi.

“Untuk berkembang lebih jauh di dalamnya, pendalaman kerja sama sangat diperlukan. Apa pun keberhasilan yang dapat dicapai oleh para pemimpin G20 Indonesia, mereka akan mengumpulkan momentum yang lebih besar karena Presidensi G20 bergerak berturut-turut ke India, Brasil, dan Afrika Selatan sebagai rangkaian Presidensi yang diselenggarakan oleh negara berkembang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper