Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUMN Karya Masih Nantikan Pengumuman Pemenang Tender IKN

Saat ini terdapat dua BUMN Karya yang tengah menanti keputusan tender proyek di IKN yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dan PT Hutama Karya (Persero).
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Agustus 2022  |  19:12 WIB
BUMN Karya Masih Nantikan Pengumuman Pemenang Tender IKN
Huma Betang Umai, karya SHAU Architectures, Studi APTA dan Cilaki memenangkan juara kedua desain Istana Wakil Presiden (Wapres) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara / Dok. Kementerian PUPRrn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di sektor konstruksi masih menantikan pengumuman pemenang tender proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, saat ini terdapat dua BUMN Karya yang tengah menanti keputusan tender proyek di IKN yakni PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dan PT Hutama Karya (Persero).

"Untuk saat ini, Hutama Karya masih menunggu pengumuman pemenang atas tender yang diikuti oleh perusahaan mengenai salah satu proyek jalan tol di IKN dimana akan diumumkan segera," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo kepada Bisnis, Rabu (24/8/2022).

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto mengatakan pihaknya memang tengah mengikuti sejumlah tender pembangunan di IKN. Dia juga membenarkan bahwa pihaknya tengah mengikuti tender jalan tol IKN.

Kendati demikian, pihaknya masih belum mengetahui lebih lanjut terkait dengan hasil akhir dari tender-tender tersebut.

"Untuk proyek jalan, benar ADHI sedang ikut tender jalan tol, namun untuk pengumuman penetapan pemenangnya belum terinfo," ungkapnya.

Berdasarkan data, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR proyek yang telah dan akan rampung pada pekan depan di antaranya adalah paket Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang - KKT Kariangau, Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung, dan Jalan Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatang Pulau Balang.

Paket pekerjaan konstruksi jalan tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung memiliki nilai pagu paket Rp2,02 triliun dengan nilai HPS paket Rp2,02 triliun. Tender tersebut telah dibuat sejak 13 Juni 2022 dan telah diikuti 194 peserta. Merujuk dengan jadwal yang ada, tender tersebut akan mencapai penandatanganan kontrka pada 29 Agustus mendatang.

Sementara itu, Kementerian PUPR juga telah memulai tender untuk Jalan Tol IKN Segmen Sp Tempadung-Jembatang Pulau Balang sejak 9 Juni 2022. Jalan tol yang akan menjadi akses utama ke IKN itu memiliki nilai pagu paket Rp2,24 triliun dengan nilai HPS paket Rp2,24 triliun. Tender proyek tersebut telah diikuti 217 peserta dan akan dilakukan penandatangan kontrak pada 29 Agustus.

Untuk Jalan Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, pemerintah telah membuka tender sejak 13 Juli 2022 dan telah diikuti 132 peserta. Proyek senilai Rp3,47 triliun juga dijadwalkan untuk dilakukan penandatangan kontrak pada akhir bulan ini tepatnya 31 Agustus mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top