Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha TPT Bidik Ekspor US$11 Miliar, Meleset dari Target Pemerintah

Pelaku usaha industri tekstil dan produk tekstil (TPT) menargetkan ekspor mencapai US$11 miliar sampai akhir tahun, jauh di bawah target pemerintah.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  13:55 WIB
Pengusaha TPT Bidik Ekspor US$11 Miliar, Meleset dari Target Pemerintah
Ilustrasi industri tpt
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pelaku usaha industri tekstil dan produk tekstil (TPT) mematok target ekspor di kisaran US$11 miliar sampai dengan akhir tahun. Angka US$11 miliar itu jauh di bawah target pemerintah.

Ketua Umum Asosiasi Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) Redma Gita Wirawasta mengatakan besar kemungkinan nilai ekspor industri TPT turun hingga 40 persen, disumbangkan oleh garmen.

"Waktu pengusaha diskusi dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, pemain garmen bilang ada penurunan order hingga 40 persen sampai dengan akhir tahun ini," ungkapnya kepada Bisnis, Senin (15/8/2022).

Redma menyebut penurunan jumlah order tersebut merupakan dampak dari masalah geopolitik di Eropa dan Asia selama beberapa waktu belakangan.

Paling realistis, sambungnya, ekspor TPT Indonesia pada paruh kedua tahun ini mentok di angka US$4 miliar. Pada semester I/2022, Afsyfi mencatat nilai ekspor TPT Indonesia mencapai US$7 miliar.

"Jadi, paling realistis ekspor TPT tahun ini US$11 miliar. Kecuali, tensi politik global akibat perang Rusia-Ukraina dan eskalasi politik antara China dan Taiwan turun," ujarnya.

Sebagai informasi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mematok target ekspor TPT nasional tahun ini di kisaran US$13 miliar hingga US$14 miliar.

Penurunan jumlah permintaan yang rutin datang dari Amerika Serikat, China, serta negara-negara di kawasan Eropa Barat menjadi permasalahan yang mesti dicarikan obatnya, baik oleh pemerintah maupun pelaku industri.

Dengan demikian, ada peluang ekspor TPT bisa lebih tinggi dari nilai realistis US$11 miliar. Kendati untuk bisa merealisasikan target pemerintah yang mencapai US$14 miliar adalah tugas yang sangat berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri tpt Industri Tekstil garmen Perang Rusia Ukraina
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top