Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tekan Harga Pangan, Zulhas Minta Kepala Daerah Subsidi Biaya Angkutan

Mendag Zulhas meminta kepala daerah untuk mensubsidi biaya angkutan dalam mendistribusikan bahan pokok.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  09:29 WIB
Tekan Harga Pangan, Zulhas Minta Kepala Daerah Subsidi Biaya Angkutan
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau sejumlah tempat penjualan minyak goreng curah rakyat (MGCR) di beberapa toko kelontong di wilayah Klender, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2022 / Dok. Biro Humas Kemendag.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zukifli Hasan (Zulhas) meminta kepala daerah untuk mensubsidi biaya angkutan dalam mendistribusikan bahan pokok. Hal tersebut bertujuan untuk mengerem laju inflasi yang saat ini mencapai 4,9 persen, sedangkan inflasi pangan Indonesia tembus 10,7 persen.

“Karena yang paling mahal, tinggi itu angkutan. Makanya kepala daerah bisa mensubsidi angkutan,” ujar Zulhas kepada awak media di Kementerian Perdagangan, Rabu (11/8/2022).

Zulhas mengatakan, instruksi tersebut langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para kepala daerah bisa mensubsidi biaya angkutan bahan pokok, karena biaya angkutan yang saat ini masih tinggi. Adapun sumber anggarannya, kata Zulhas, itu bisa dipakai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kan ada APBD. Ada dana cadangan,” kata Zulhas saat ditanyai terkait sumber anggaran untuk mensubsidi.

Lebih lanjut, Mendag Zulhas menjelaskan bahwa dukungan kepala daerah sangat penting dalam rangka menstabilkan harga bahan pokok, agar tidak kembali melonjak.

Menurutnya, mayoritas bahan pokok sudah turun. Misalnya, harga daging ayam ras dari Rp52.000 per kg, kini sudah Rp36.000 per kg, bawang dari Rp80.000 per kg, sekarang sudah turun jadi Rp30.000 per kg.

Kemudian, harga cabai rawit, cabai merah keriting dan lainnya turun dari Rp130.000 per kg kini menjadi Rp70.000 per kg, sedangkan harga telur dari Rp32.000 jadi Rp27.000 per kg.

“Mudah-mudahan jangan sampai naik lagi. Kemarin rapat di bawah presiden langsung agar para bupati, kepala daerah juga care,” ucap Zulhas.

Ketua Umum PAN itu juga memamerkan harga minyak yang mulai terkendali di masa jabatannya yang baru menginjak 55 hari. Namun demikian, Zulkifli mengakui cukup sulit untuk mengendalikan harga minyak goreng tersebut.

"Hari ini, 55 hari sudah bekerja sebagai menteri, terutama minyak goreng yang susah dijinakan, sekarang Alhamdulillah sudah jinak," ucap Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zulkifli hasan harga bahan pokok Inflasi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top