Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Garap Proyek Menara Tinggi Pertama di Bali, Segini Nilainya

Hutama Karya menggarap pryek menara tinggi pertama di Bali yaitu Menara Turyapada yang tingginya mencapai 115 meter.
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) kembali menambah raihan nilai kontrak barunya senilai Rp334,27 miliar untuk pembangungan menara di Bali. Proyek pembangunan Turyapada Tower itu merupakan pekerjaan dari Pemerintah Provinsi Bali.

Sebagai tindak lanjut dari kontrak yang telah disepakati dan kesiapan perusahaan dalam memulai pekerjaan, pada Sabtu (23/7/2022) telah dilakukan ground breaking proyek menara setinggi 115 meter pertama di Bali.

Direktur Operasi II Hutama Karya Ferry Febrianto mengatakan selain menjadi menara tinggi pertama di Bali, Menara Turyapada yang dibangun nantinya juga akan disiapkan sebagai ikon wisata baru bertaraf internasional di Bali layaknya Monas, Menara Tokyo di Jepang, dan Menara Effiel di Paris.

Menurutnya, dilihat dari lokasi, ketinggian, dan fasilitas yang dibangun, Menara Turyapada adalah tower ikonik monumental pertama di Indonesia, tidak kalah dengan 5 Tower di Dunia seperti Menara Effiel, Tokyo Tower, Toronto Tower, Macau Tower, dan Fernsehturm Tower.

“Menara yang kami bangun memiliki 2 fungsi yaitu sebagai pemancar sinyal digital dan sebagai tempat wisata. Selain kualitas bangunan, estetika dari Menara ini juga menjadi perhatian perusahaan agar kelak wisatawan memiliki rasa aman dan nyaman saat berkunjung ke Menara Turyapada tersebut,” kata Ferry dalam keterangan resminya, Kamis (28/7/2022).

Adapun, dalam konstruksi menara dengan luas bangunan 13.767,7 m2 ini, Hutama Karya akan melaksanakan beberapa tahapan pekerjaan secara end to end di antaranya adalah struktur bangunan, pondasi bore pile, menara pemancar, pekerjaan arsitektur menara, pekerjaan mekanikal, elektrikal & pemipaan, pekerjaan site dev, konstruksi perkerasan jalan dan parkir, penanaman pohon dan rumput, drainase, hingga hardscape.

Proyek Taman Teknologi Menara Turyapada ini juga memiliki tinggi bangunan 115 meter yang terletak pada ketinggian 1.521 m dari permukaan laut. Dengan demikian total ketinggian Menara adalah 1.636 m dari permukaan laut. Nantinya, pada puncak Menara akan dijadikan tempat pemasangan infrastruktur terpadu dan multifungsi, yang terdiri dari layanan TV Digital terrestrial, telekomunikasi seluler, internet, dan komunikasi radio komunitas.

"Pekerjaan Menara ini akan digarap kurang lebih 450 hari kalender atau sekitar 1 tahun 3 bulan. Kami juga telah menyiapkan sejumlah strategi percepatan, salah satunya optimalisasi SDM dan metode kerja. Tantangan lain yang membedakan proyek ini dengan menara lainnya adalah dimana Turyapada Tower dibangun di atas perbukitan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper