Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Mendarat Darurat Akibat Pilot Meninggal, Ini Nasib Penumpang Citilink

Citilink Indonesia telah menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada penumpang terkait alasan untuk melakukan pendaratan darurat.
Selama masa pembatasan penerbangan, perusahaan memaksimalkan utilisasi pesawat dengan mengoperasikan 20 persen armadanya sebagai angkutan kargo. /Citilink
Selama masa pembatasan penerbangan, perusahaan memaksimalkan utilisasi pesawat dengan mengoperasikan 20 persen armadanya sebagai angkutan kargo. /Citilink

Bisnis.com, JAKARTA – Citilink Indonesia telah menerbangkan kembali penumpang pesawat dengan kode penerbangan QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang, setelah sempat melakukan pendaratan darurat.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai mengatakan petugas Citilink Indonesia di Surabaya telah menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada penumpang terkait alasan untuk melakukan pendaratan darurat. Tak hanya itu, kru Citilink juga serta memberikan service on ground supaya penumpang dapat menerima informasi tesebut dengan baik.

“Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang, Citilink Indonesia melakukan penggantian pesawat serta seluruh kru, dan penerbangan tersebut telah diterbangkan kembali pada pukul 10.46 WIB,” ujarnya, Kamis (21/7/2022).

Seperti diketahui, dalam penerbangan Citilink Indonesia QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang pada 21 Juli 2022 telah diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB.

Namun, setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan. Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat.

Setelah mendarat kembali, petugas darat bersama seluruh stakeholders di bandar udara Juanda Surabaya telah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik, dan pilot telah ditangani oleh pihak dokter di rumah sakit terdekat.

“Adapun berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat, disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia. Kami mengucapkan turut bela sungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian pilot kami, yang selama ini dikenal sangat baik dan memiliki dedikasi yang tinggi selama bertugas,” jelasnya.

Maskapai bertarif hemat tersebut juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Rencananya, jenazah pilot tersebut akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku.

“Kami pastikan bahwa sebelum melakukan penerbangan, Citilink Indonesia telah melakukan prosedur pengecekan kesehatan kepada seluruh crew yang bertugas dan dinyatakan fit atau laik terbang,” tekannya.

Di sisi lain, Citilink telah berupaya mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper