Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekopin Berharap Koperasi Bisa Hadapi Tantangan Kemajuan Zaman

Koperasi harus bertranformasi menjawab tantangan zaman dan persaingan bisnis yang terus berkembang semakin kompleks dari hari ke hari.
Peserta Rakernas Dekopin 2022/Istimewa
Peserta Rakernas Dekopin 2022/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Gerakan koperasi diharapkan bisa menjawab tantangan baru seperti digitalisasi, akuntabilitas, peningkatan SDM, dan jejaring.

Oleh karenanya koperasi harus bertranformasi menjawab tantangan zaman dan persaingan bisnis yang terus berkembang semakin kompleks dari hari ke hari.

"Bagaimana semua gerakan koperasi telah bertekad dan berniat untuk melakukan kemandirian pada dirinya sendiri. Untuk selanjutnya saling membantu untuk kemudian bersinergi bersama-sama mengangkat perekonomian rakyat," ujar Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno, dalam keterangan resmi, Jumat (15/7/2022)

"Semuanya pasti perlu pembenahan-pembenahan dari sisi SDM, kelembagaan strukturnya, kemudian jaringannya, dan juga teknologinya," sebut Untari.

Sri Untari menyebutkan tidak sedikit koperasi yang berhasil meraih omzet dan aset hingga mencapai triliunan rupiah per tahunnya. Harapannya langkah dan keberhasilan koperasi-koperasi besar seperti Koperasi Astra, KSP Kopdit Pintu Air Maumere, KSPPS BMT BUS dapat menginspirasi gerakan-gerakan koperasi lainnya.

"Maka kita perlu untuk mengangkat yang koperasi yang masih merintis ini supaya kemudian menjadi lebih baik. Kemudian sudah baik juga mencoba untuk membantu, sehingga terjadi sinergitas yang baik. Sehingga koperasi betul-betul bisa menjadi pilihan alternatif lembaga yang visible dan merakyat," jelasnya

Kedepannya, Ketua Umum Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang-Jawa Timur tersebut menyatakan bahwa gerakan koperasi tidak menutup diri untuk melakukan kerjasama dengan berbagai elemen lainnya, baik itu UKM, Pemerintah, BUMN, Perbankan, dan Swasta.

Dengan sebuah kesadaran bersama, guna mewujudkan Indonesia sejahtera, makmur, dan mandiri. "Kalau presiden mengatakan, 50% harus belanja di ekonomi nasional, belanjanya di koperasi. Sehingga kita bisa menemukan ekonomi kerakyatan itu dari situ, kalau kemudian betul-betul pemerintah mendorong untuk belanja melalui koperasi," tutur Sri Untari.

Sehingga selepas Rakernas ini, dia berharap agar koperasi bisa kembali menjadi lembaga ekonomi kerakyatan yang kokoh, utuh, dan bisa diandalkan oleh masyarakat dalam upaya mewujudkan kemandirian ekonomi nasional, menyongsong Indonesia Emas 2045.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper