Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Sederet Kerja Sama Indonesia dan Jepang di Era PM Shinzo Abe

Sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Jepang berhasil dijalin saat Shinzo Abe masih menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  19:40 WIB
FOTO FILE: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di kediaman resminya di Tokyo, Jepang. REUTERS/Yuya Shino - File Foto
FOTO FILE: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di kediaman resminya di Tokyo, Jepang. REUTERS/Yuya Shino - File Foto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah ditembak pada saat berpidato di Kota Nara, Jepang pada Jumat (8/7/2022).

Para pemimpin dunia menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Shinzo Abe. Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

"Saya baru saja menerima kabar duka dari Tokyo, atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Saya ingin menyampaikan simpati dan belasungkawa yang terdalam dari pemerintah dan rakyat Indonesia, kepada pemerintah dan rakyat Jepang, pada saat duka ini," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (8/7/2022).

Lebih lanjut, Retno menyebut bahwa dedikasi mantan PM Jepang Shinzo Abe untuk melayani negara dan rakyatnya, akan selalu dikenang sebagai contoh utama bagi semua orang.

Adapun, Jepang tercatat telah menjalin sejumlah kerja sama dengan Indonesia saat Shinzo Abe masih menjabat sebagai Perdana Menteri. Kerja sama dijalin kedua negara di berbagai bidang mulai dari ekonomi, transportasi, infrastruktur dan bidang lainnya.

Berikut sejumlah kerja sama bilateral Indonesia-Jepang pada masa kepemimpinan PM Shinzo Abe:

1. Proyek Pelabuhan Patimban

Proyek Pelabuhan Patimban merupakan kerja sama lainnya yang dijalin antara Indonesia dan Jepang pada saat Negeri Sakura dipimpin oleh Perdana Menteri Shinzo Abe. 

Pembangunan Pelabuhan Patimbang di Subang, Jawa Barat terus dilanjutkan. Sampai dengan bulan lalu, pembangunan pelabuhan tersebut memasuki tahap 1-2 yang meliputi pembangunan terminal peti kemas.

2. IJEPA

Di era Abe, Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Kerja sama ini fokus mengupayakan perluasan akses pasar produk potensial. Khususnya, di sektor perikanan, industri, pertanian, dan kehutanan.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shinzo abe jepang pm jepang penembakan mrt
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top