Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kembangkan Bisnis Kendaraan Listrik, MIND ID Jajaki Aliansi Baru dengan ARRIVAL

MIND ID menginisiasi pertemuan dengan ARRIVAL Inggris untuk menjajaki pengembangan pabrik mikro baterai listrik komersial di Indonesia dan Asia Tenggara termasuk pasokan baterai dan aluminium
Wahyu Arifin
Wahyu Arifin - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  14:28 WIB
Kembangkan Bisnis Kendaraan Listrik, MIND ID Jajaki Aliansi Baru dengan ARRIVAL
Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso bersama Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Dubes RI untuk Inggris HE Desra Percaya bertemu dengan Founder & CEO ARRIVAL Denis Sverdlov

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang beranggotakan PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk mengunjungi pabrikan kendaraan listrik asal Inggris ARRIVAL Ltd.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso bersama dengan Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury terbang ke Inggris, Jumat (20/5/2022) lalu untuk bertemu dengan Founder & CEO ARRIVAL Denis Sverdlov yang dihadiri juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris HE. Desra Percaya. 

Inisiasi pertemuan ini merupakan bagian dari upaya MIND ID menjajaki pengembangan pabrik mikro baterai listrik komersial di Indonesia dan Asia Tenggara sekaligus mengeksplorasi lebih jauh solusi pasokan potensial, termasuk baterai, aluminium dan membahas desain serta pengembangan kendaraan listrik .

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan MIND ID memiliki tiga mandat dari pemerintah, yaitu mengelola cadangan dan sumber daya strategis, hilirisasi dan memimpin pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis. 

“Kerja sama ini akan diperluas untuk potensi pengembangan portofolio baru perusahaan dalam jangka panjang, khususnya di bidang pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Hendi seperti dikutip dalam keterangan resminya, Senin (4/7/2022).  

ARRIVAL sendiri terus berupaya untuk meningkatkan rantai pasokannya dan mengembangkan inisiatif strategis untuk mengamankan bahan baku yang dibutuhkan guna memenuhi permintaan global akan kendaraan listrik. 

Melalui metode microfactory, ARRIVAL merevolusi pendekatan tradisional produksi kendaraan dengan menghilangkan biaya pengiriman dan memaksimalkan nilai tambah melalui perancangan dan produksi produk lokal. Hal tersebut yang menjadi inti dari potensi kolaborasi dengan MIND ID di Asia Tenggara.

MIND ID sebagai pemegang saham Indonesia Battery Corporation (IBC) terus mencari peluang baru untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan rencana strategis MIND ID, yakni aliansi strategis demi ekspansi bisnis hilir baru dan pengembangan kapabilitas serta optimalisasi portofolio.

MIND ID bersama dengan IBC sebagai Global Supply Chain for Battery menyambut baik kesempatan untuk melakukan penelitian dan membahas potensi pengembangan bersama produk kendaraan listrik komersial untuk negara berkembang yang dijalankan di Indonesia.

Harapannya, potensi kerja sama ini bisa membuat MIND ID dan Inalum Operating akan memiliki peran di masa depan dalam rantai pasok aluminium ARRIVAL. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kendaraan Listrik MIND ID Baterai Mobil Listrik Pabrik Baterai
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top