Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Erick Thohir Geram saat Produk e-Commerce Didominasi Asing

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyayangkan produk yang dijual di e-commerce didominasi asing.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 Juni 2022  |  19:00 WIB
Erick Thohir Geram saat Produk e-Commerce Didominasi Asing
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (2/6/2021). - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyayangkan realita yang terjadi di era ekonomi digital saat ini. Pasalnya, produk asing masih saja membanjiri platform belanja online (e-commerce) di Tanah Air.

Padahal dia menyebut, berdasarkan hasil riset Southeast Asia e-Conomy Report 2020, ekonomi digital Tanah Air diproyeksi berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 10 persen pada 2025.

"Kita bicara e-commerce, barangnya asing. Bukannya anti asing, tetapi itu realita," ujar Erick Thohir saat mengisi Kuliah Umum di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, dikutip Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, potensi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan tembus Rp1.736 triliun. Sektor ini akan didominasi oleh sektor e-commerce pada 2025 melalui penjualan produk lokal.

Bukan itu saja, dia juga menyebut potensi ekonomi digital Indonesia mencapai Rp4.500 triliun pada 2030. Angka ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar untuk perkembangan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara atau Asean.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyoroti maraknya pinjaman online ilegal berkedok fintech. Pun dengan industri gim dalam negeri yang masih didominasi pengembang dari negara lain. Hal ini, turut menandakan ketidakpastian Indonesia dalam mengoptimalkan ekonomi digital.

"Fintech bukannya bagus, dipakai [jadi] tempat penipuan, pinjol," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online e-commerce erick thohir
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top