Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terbaru! Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2022, Benarkah Sampai Rp12 juta?

Pemerintah pusat dan daerah menetapkan bantuan iuran Rp7 ribu per orang per bulan sehingga peserta BPJS Kesehatan hanya membayarkan Rp35 ribu.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  12:23 WIB
Terbaru! Tarif Iuran BPJS Kesehatan 2022, Benarkah Sampai Rp12 juta?
Karyawati melayani peserta di salah satu kantor cabang BPJS Kesehatan di Jakarta, Selasa (14/6/2022). Ada perubahan iuran BPJS Kesehatan./Bisnis - Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar kabar mengenai iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan naik menjadi Rp12 juta. Namun, hal itu tidak benar adanya.

Lantas, berapa besaran yang sebenarnya? Besaran iuran BPJS Kesehatan masih belum berubah alias masih sama seperti sebelumnya.

Besaran Iuran BPJS Kesehatan 2022 Terbaru

Menurut Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020, besaran iuran BPJS Kesehatan 2022 untuk kategori peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) adalah sebagai berikut ini:

1. Kelas 1: Rp150 ribu per orang per bulan

2. Kelas 2: Rp100 ribu per orang per bulan

3. Kelas 3: Rp35 ribu per orang per bulan.

Khusus untuk peserta mandiri kelas 3, seharusnya besaran iurannya sebesar Rp42 ribu. Namun, Pemerintah pusat dan daerah menetapkan bantuan iuran Rp7 ribu per orang per bulan sehingga peserta hanya membayarkan Rp35 ribu.

Sementara itu, untuk kategori Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan Bukan Penyelenggara, serta Bukan Pekerja (BP) Penyelenggara Negara iuran sebesar 5 persen dari upah dengan rincian:

1. 4 persen dibayar oleh Pemberi Kerja

2. 1 persen dibayar oleh Pekerja.

Adapun, bagi PPU Bukan Penyelenggara Negara (Swasta) upah adalah gaji pokok ditambah tunjangan dengan batas paling rendah sebesar upah minimum kabupaten/kota/provinsi. Ketentuan perhitungan batas paling tinggi upah per bulan sebesar Rp12 juta. 

Dengan demikian, nominal Rp12 juta yang dimaksud bukan besaran iuran melainkan upah maksimal yang menjadi dasar penentuan besaran iuran.

Penting diketahui, untuk kategori peserta mandiri (PBPU/BP) dihitung untuk masing-masing jiwa atau per orang. Sementara itu, bagi iuran pekerja formal sudah termasuk satu keluarga (suami dan istri dengan maksimal 3 orang anak).

Untuk iuran bagi segmen peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan peserta dari penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah masih sebesar Rp42 ribu per orang per bulan dibayarkan oleh pemerintah pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaminan sosial BPJS Kesehatan Iuran BPJS
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top