Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah akan Tambah Kantong Parkir Rest Area di Tol Merak

Kementerian PUPR akan menambah kantong parkir di Jalan Tol Merak guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pada arus mudik Lebaran 2023.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  14:45 WIB
Pemerintah akan Tambah Kantong Parkir Rest Area di Tol Merak
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer dari Pelabuhan Merak hingga Kota Cilegon bagian barat. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman - nym.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menyiapkan kantong parkir untuk bisa menampung kendaraan yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaran mudik 2022, maka diputuskan untuk menambah kantong parkir di Jalan Tol Tangerang-Merak.

Menurutnya hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran 2023 nanti. Selain itu, kantong parkir digunakan untuk mengatur lalu lintas kendaraan yang akan menyebrang.

“Kami bertemu dengan PJ Gubernur Banten dan sudah disiapkan lahan sekitar 5 hektare untuk dibuat sebagai kantong parkir tadi,” kata Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (20/6/2022).

Basuki menambahkan selain di Jalan Tol Merak, pemerintah juga akan menambah kantong-kantong parkir di jalan tol lainnya.

Dia mengungkapkan, penambahan kantong parkir menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk memberikan pelayan arus mudik yang lebih lancar ke depannya.

“Mungkin di tempat istirahat tadi kita lebarkan, perlu pembebasan lahan untuk kantong-kantong parkir yang dipakai khusus untuk hari besar nasional,” ujarnya.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja menjelaskan kantong parkir di Jalan Tol Merak nantinya dapat digunakan untuk pembelian tiket penyeberangan.

Menurutnya, kapasitas Pelabuhan Merak pada saat arus mudik 2022 tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang mengantre.

“Jadi itu dibagi, disebar di rest area sebelumnya, jadi di rest area sebelumnya diperbesar kapasitas parkirnya, mereka tidak nunggu di pelabuhan tapi di rest area,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol merak Mudik Lebaran pelabuhan merak Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top