Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil John Wempi Wetipo, Wamen PUPR yang Dikabarkan Geser Jadi Wamendagri

Wamen PUPR John Wempi Wetipo dikabarkan bakal bergeser ke posisi barunya di pemerintahan untuk mengisi kursi sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  13:25 WIB
Profil John Wempi Wetipo, Wamen PUPR yang Dikabarkan Geser Jadi Wamendagri
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo. / Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - John Wempi Wetipo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) dikabarkan bakal bergeser ke posisi barunya di pemerintahan untuk mengisi kursi di Kementerian Dalam Negeri sebagai wakil menteri.

Dilansir dari berbagai sumber, Pria kelahiran 15 September 1972 itu sebelumnya telah mengisi posisi Wamen PUPR sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 Oktober 2019 sampai dengan saat ini.

Wempi Wetipo menyelesaikan pendidikannya di Sekola Dasar YPPGI Hitigima, Wamena pada 1985, SMP Negeri 2 Wamena pada 1988, dan SMA YPPK Taruna Dharma Jayapura pada 1991.

Wempi tercatat pernah menjabat sebagai PNS Kabupaten Jayawijaya pada 1996 samapi dengan 1998, Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya 1998 sampai dengan 2006, serta Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Jayawijaya 2006 sampai dengan 2008.

Wempi yang berlatar belakang pendidikan hukum dari Universitas Cendrawasih telah malang melintang di pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Bupati Jayawijaya selama dua periode yakni pada 2008--2013 dan 2013--2018.

Wempi mencoba peruntungannya dalam pemilihan gubernur Papua setelah masa jabatannya sebagai Bupati Jayawijaya selesai pada 2018 dan berhadapan dengan petahana Lukas Enembe.

Pada 2016, Wempi meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tingkat kepatuhan pengelolaan laporan harta dan kekayaan pejabat negara (LHKPN). Wempi juga mendapat penghargaan Penilaian Tertinggi Pengelolaan Keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kementerian PUPR john wempi wetipo wakil menteri
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top