Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag Zulkifli Hasan Janji Tuntaskan Masalah Minyak Goreng

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membeberkan beberapa strategi untuk mengatasi persoalan minyak goreng dan menstabilkan harga pangan di Tanah Air.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai serah terima jabatan di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022)./Indra Gunawan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai serah terima jabatan di Kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (15/6/2022)./Indra Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Usai dilantik jadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo, Zulkifli Hasan mengatakan ada beberapa langkah yang akan dilakukannya dalam mengatasi persoalan minyak goreng dan menstabilkan harga pangan di Tanah Air.

“Sebulan lalu pernah diskusi dengan pengusaha sawit itu. Ada skala prioritas perintah Presiden yaitu Rp14.000 [harga minyak goreng curah]. Ada di tempat sampai barangnya Rp14.000. Nah itu yang tidak tuntas. Nah saya diskusi dengan teman-teman ada beberapa cara. Kalau itu dilakukan dengan cepat bisa mengatasinya,” ujar Zulkifli yang enggan merinci lebih lanjut di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, dia akan segera mengungkap strateginya tersebut secepatnya. “Besok dong kan ini baru dilantik. Besok kita akan lihat pasar abis itu ke bawah,” imbuh Ketua Umum PAN itu.

Zulhas menyampaikan bahwa targetnya sebagai mendag ke depan adalah ketersediaan pangan dan harganya yang terjangkau. “Oleh karena itu fokusnya adalah pangan, ketersediaan pangan di dalam negeri ini penting sekali,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Lebih lanjut, Zulhas pun mengaku akan segera menindaklanjuti rencana penghapusan minyak goreng curah dan menggantinya dengan kemasan sederhana. Dia menilai sejatinya transisi tersebut tidak terlalu rumit lantaran selisih harganya yang tipis.

“Curah sama kemasan itu paling bedanya Rp500, itu problemnya kita selesaikan,” ucapnya.

Zulkifli Hasan resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi mendag dalam reshuffle kabinet jilid III, Rabu (15/6/2022).

Zulhas mengisi kursi yang sebelumnya ditempati M. Lutfi yang dinilai gagal mengatasi krisis minyak goreng dan harga pangan. Zulhas sudah malang melintang di dunia perpolitikan Tanah Air. Saat ini dia menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Sebelumnya, Zulhas pernah menjabat sebagai Ketua MPR pada 2014-2019.

Zulhas di era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah menjabat Menteri Kehutanan pada 2009-2014. 

Di internal partai, Zukifli Hasan pernah menjabat sebagai Sekjen pada 2005-2010. Ia mulai menjadi Ketua Umum PAN sejak 2015 hingga saat ini. Dirinya saat itu menggantikan Hatta Rajasa yang kalah dalam Pilpres 2014 saat berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper