Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKN Pindah, Harga Tanah di Penajam Paser Utara Naik 3 Kali Lipat!

Harga tanah di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mengalami peningkatan cukup signifikan seiring dengan pembangunan IKN Nusantara.
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022)./ Antara @nyoman_nuartarnrn
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, Selasa (4/1/2022)./ Antara @nyoman_nuartarnrn

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Provinsi Kalimantan Timur diyakini dapat membuat bisnis pengembang perumahan di Kabupaten Penajam Paser Utara semakin bergairah. Bahkan, harga tanah di wilayah tersebut bisa naik hingga 3 kali lipat.

Ketua Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Kabupaten Penajam Paser Utara, Najjelul Wahyuni mengatakan kehadiran IKN Nusantara berdampak besar terhadap harga tanah.

Najjelul menuturkan harga tanah di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mengalami peningkatan cukup signifikan.

"Harga tanah dekat jalan poros dijual Rp150.000 sampai Rp300.000 per meter persegi dari sebelumnya Rp100.000 per meter persegi," kata Najjelul di Penajam, Minggu (12/6/2022).

Selain itu, dia menyebut pemindahan IKN juga membawa berkah bagi para pengembang perumahan. Pasalnya, permintaan terhadap hunian di kawasan tersebut terus meningkat.

"IKN Nusantara bawa manfaat dan keuntungan penjualan perumahan," ujarnya.

Dia mengatakan potensi usaha pengembang perumahan di Kabupaten Penajam Paser Utara ke depan terbuka lebar karena saat ini permintaan mulai banyak. Apalagi dengan keberadaan IKN Nusantara di sebagian wilayah di daerah tersebut, yakni Kecamatan Sepaku.

Pemilik PT Ayla Mandiri Karya yang bergerak di bidang pengembang perumahan tersebut berencana membuka perumahan lagi di Kelurahan Nenang dan Komplek B di Kelurahan Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kehadiran IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut ungkap dia, memberikan dampak positif di bidang usaha pengembang perumahan dan sangat mempengaruhi penjualan rumah yang ada di wilayah Penajam Paser Utara.

"Bisnis pengembang perumahan semakin potensial dengan hadirnya IKN Nusantara, masyarakat makin berminat beli rumah," ujarnya.

Dia menyebut masyarakat dari luar daerah banyak berminat untuk mempunyai rumah di Kabupaten Penajam Paser Utara. Hal ini merupakan dampak dari pemindahan ibu kota negara.

Diperkirakan mobilitas pendatang masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah penyangga IKN Nusantara akan terus meningkat membuka ruang bisnis pengembang perumahan.

Najjelul Wahyuni telah mengembangkan Perumahan Griya Palm Asri di Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 253 unit rumah dan bakal menambah 100 unit rumah karena mulai banyak permintaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper