Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rangkuman Data Seputar Produksi Kopi Indonesia dan Potensi Bisnisnya

Simak data seputar produksi dan potensi kopi Indonesia sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 11 Juni 2022  |  19:06 WIB
Rangkuman Data Seputar Produksi Kopi Indonesia dan Potensi Bisnisnya
Seorang petani memanen kopi di Desa Jambon, Kandangan, Temanggung, Jawa Tengah. Foto ilustrasi. ANTARA FOTO - Anis Efizudin
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Simak data seputar produksi dan potensi kopi Indonesia sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.

Data yang dirangkum antara lain mencakup produksi kopi Indonesia 2011-2021, sebaran sentra produksi kopi di Indonesia, delapan kopi termahal dunia, konsumsi kopi Indonesia dari 2010-2021.

Juga tersedia data mengenai hasil survei tentang cara minum kopi yang paling disukai selama pandemi, perkembangan pasar kopi siap minum di Indonesia, nilai ekspor kopi Indonesia, negara tujuan ekspor kopi indonesia, serta data lainnya.

Data lengkap beserta visualisasi menarik mengenai hal itu dapat disimak melalui laporan berjudul Meracik Wanginya Potensi Kopi Asli Indonesia sebagaimana disajikan DataIndonesia.id dalam tautan ini.

Indonesia tak pernah mendapat julukan sebagai negara kopi. Julukan tersebut sudah lebih dulu disematkan kepada Kolombia yang berada di Amerika Selatan.

Meski demikian, tak berarti Indonesia kalah bersaing dalam menghasilkan kopi. Sebagai negara yang berada di wilayah pegunungan berapi dan memiliki iklim tropis, Indonesia turut serta menjadi produsen kopi besar di dunia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, produksi kopi Indonesia mencapai 774,6 ribu ton pada 2021.

Jumlah tersebut naik 2,75% dari tahun sebelumnya yang sebesar 753,9 ribu ton. Selain itu, produksi kopi Indonesia pada tahun lalu menjadi yang tertinggi dalam sedekade terakhir.

Sementara itu, International Coffee Organization (ICO) mencatat, produksi kopi Indonesia sebesar 12,1 juta kantong berukuran 60 kilogram (kg) pada 2020. Jumlah tersebut juga meningkat 5,83% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 11,43 juta kantong berukuran 60 kg.

Produksi kopi Indonesia tersebut pun menjadi yang terbesar keempat di dunia. Posisi Indonesia hanya berada satu urutan di bawah Kolombia -yang mendapat julukan sebagai negara kopi- dengan produksi sebanyak 14,3 juta kantong berukuran 60 kg.

Ikuti laporan dan data serta visualisasi selengkapnya melalui tautan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi harga kopi

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top