Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Data Kesiapan Indonesia Masuk Fase Endemi Covid-19

Bagaimana kesiapan Indonesia mengakhiri masa pandemi Covid-19 dan masuk ke fase endemi? Simak rangkuman datanya sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.
DataIndonesia.id
DataIndonesia.id - Bisnis.com 05 Juni 2022  |  17:20 WIB
Rangkuman Data Kesiapan Indonesia Masuk Fase Endemi Covid-19
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin dosis ketiga kepada warga lansia saat vaksinasi booster Covid-19. Foto ilustrasi. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagaimana kesiapan Indonesia mengakhiri masa pandemi Covid-19 dan masuk ke fase endemi? Simak rangkuman datanya sebagaimana dihimpun DataIndonesia.id di sini.

Data yang dihimpun antara lain mencakup hasil survei pandangan masyarakat mengenai perubahan status dari pandemi menjadi endemi, perkembangan kasus harian Covid-19, rasio positivitas Covid-19, perkembangan tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, perkembangan tingkat kematian, perkembangan persentase vaksinasi Covid-19, tingkat kepatuhan penggunaan masker, serta data lainnya.

Data dan visualisasi selengkapnya dapat disimak melalui laporan bertajuk Bagaimana Kesiapan Indonesia Memasuki Fase Endemi Covid-19? yang ditayangkan DataIndonesia.id di sini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan masyarakat untuk beraktivitas tanpa masker di ruang terbuka sejak 18 Mei 2022.

Pelonggaran kebijakan itu dilakukan dengan pengecualian terhadap masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau komorbid.

Tak hanya itu, pemerintah juga menghapus kebijakan pemeriksaan Covid-19 untuk bepergian jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap maupun dosis lanjutan alias booster.

Pemerintah memang tengah melakukan transisi dari fase pandemi Covid-19 menjadi endemi, seiring dengan melandainya kasus virus corona di dalam negeri.

Selain itu, banyak masyarakat Indonesia sudah jenuh dengan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari dua tahun.

Mereka setuju jika Indonesia segera memasuki fase kehidupan normal baru, sebagaimana terlihat dari hasil survei Indikator Politik Indonesia.
Berdasarkan hasil survei tersebut, 13,7% responden menyatakan sangat setuju jika status pandemi Covid-19 diturunkan menjadi endemi.

Sebanyak 55,3% responden menyatakan setuju dengan wacana tersebut. Hanya 6,8% responden yang kurang setuju jika Indonesia menurunkan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Simak laporan lengkapnya dengan data visualisasi menarik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pandemi corona Endemi

Sumber : DataIndonesia.id

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top