Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerbangan Umrah, Angkasa Pura II Layani 340.000 Jemaah

PT Angkasa Pura II mencatat pada 8 Januari 2022 hingga 24 Mei 2022, jumlah total jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta yang berangkat dan datang mencapai 340.000 orang.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Mei 2022  |  15:50 WIB
Penerbangan Umrah, Angkasa Pura II Layani 340.000 Jemaah
Umat Islam dari berbagai penjuru dunia kembali bisa melaksanakan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah seiring diolonggarkannya protokol Covid-19 oleh Kerajaan Arab Saudi - Instagram @haramain_info

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II sukses mendukung penyelenggaraan ibadah umrah yang dibuka kembali sejak awal 2022 sejalan dengan berangsur membaiknya penanganan pandemi Covid-19. 

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menjelaskan penyelenggaraan ibadah umrah dibuka kembali mulai 8 Januari 2022. Pada tanggal tersebut dilakukan keberangkatan sebanyak 419 jemaah umrah dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Tanah Suci. 

Selanjutnya, jumlah penerbangan umrah di Bandara Soekarno-Hatta kemudian terus mengalami peningkatan. 

“Pada 8 Januari 2022 hingga 24 Mei 2022, jumlah total jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta yang berangkat dan datang tercatat sekitar 340.000 orang dengan 989 penerbangan," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (31/5/2022). 

Maskapai yang melayani penerbangan umrah ini adalah Lion Air, Saudi dan Garuda Indonesia. Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah penyesuaian operasional guna mendukung kelancaran penerbangan umrah.

Sejalan dengan mulai meningkatnya lalu lintas penerbangan pada tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta melakukan sejumlah penyesuaian yakni dengan mengaktifkan Terminal 1 mulai 1 April 2022 untuk mendukung Terminal 2 dan Terminal 3 sehingga penerbangan umrah dan juga angkutan lebaran dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin menuturkan bahwa geliat penerbangan umrah juga terjadi di bandara AP II lainnya. 

Seiring dengan semakin baiknya penanganan pandemi Covid-19, bandara-bandara AP II bersama maskapai dan stakeholder lainnya juga membuka penerbangan langsung (direct flight) menuju Arab Saudi untuk mengantarkan jemaah umrah. 

Pada 24 Mei 2022, Bandara Kualanamu di Deli Serdang (Sumatera Utara) membuka penerbangan langsung ke Arab Saudi yang dilayani oleh Lion Air dengan pesawat Airbus A333 dan membawa 424 penumpang yang merupakan jemaah umrah. 

Penerbangan langsung ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang hadir langsung dalam penerbangan perdana Lion Air menuju Madinah, Arab Saudi. 

Kemudian, pada 26 Mei 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang juga melayani penerbangan langsung Palembang - Madinah yang membawa 435 jemaah umrah. Penerbangan ini dilakukan secara charter oleh Lion Air. Seremonial pelepasan jemaah umrah ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. 

Pada akhir Agustus 2022 sendiri direncanakan Lion Air kembali membuka penerbangan umrah Palembang - Madinah dalam 2x dalam satu minggu. 

Adapun pada 4 Juni 2022 akan dimulai penyelenggaraan ibadah haji di bandara-bandara AP II.Di Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan haji rencananya dioperasikan melalui Terminal 2F dan Terminal 3. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii umrah
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top