Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Jurus ASDP Antisipasi Kemacetan di Pelabuhan Penyeberangan

PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di pelabuhan penyeberangan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  11:11 WIB
Sejumlah kendaraan mengantre sebelum memasuki gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). Para pengguna jalan tol tersebut mayoritas merupakan pemudik yang akan menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - nym.
Sejumlah kendaraan mengantre sebelum memasuki gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). Para pengguna jalan tol tersebut mayoritas merupakan pemudik yang akan menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay - nym.

Bisnis.com, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan di pelabuhan penyeberangan sebagai salah satu tindak lanjut evaluasi angkutan Lebaran 2022.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menerapkan pengaturan arus kendaraan masuk pelabuhan melalui kebijakan Port Capacity Management (PCM) yang terintegrasi dengan sistem pertiketan digital Ferizy.

"ASDP PCM membantu menyeimbangkan antara supply [kapasitas kapal] dan demand [arus penumpang] yang dapat mengantisipasi antrean panjang," katanya dalam siaran pers, Senin (23/5/2022).

ASDP, lanjutnya, selalu mendorong pengguna jasa agar melakukan reservasi tiket online jauh hari sebelum melakukan perjalanan.

Dia menjelaskan hal ini untuk mengatur pergerakan kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan di setiap jam merata dan terkendali sesuai dengan kapasitas terpasang (supply) dan alokasi zonasi area siap muat yang tersedia.

"Kami senantiasa meminta seluruh pengguna jasa agar dapat merencanakan perjalanannya dengan baik, melakukan reservasi tiket secara mandiri jauh hari sebelum perjalanan melalui Web Reservation atau Mobile Apps Ferizy," ujarnya.

Calon pengguna jasa diimbau telah memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan. Adapun, pemesanan tiket dapat dilakukan mulai H-60 hingga 1 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan, dan proses check in di pelabuhan dapat dilakukan mulai 2 jam sebelum jadwal yang dipilih.

Sebelumnya, selama Angkutan Lebaran 2022, ASDP telah menyeberangkan total 4,93 juta penumpang dan 1,18 juta kendaraan di 13 lintasan yang dikelola 14 cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan penyeberangan asdp pt asdp indonesia ferry
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top