Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pelindo Rombak Rencana IPO Usai Merger, Dirut Buka Suara

Pelindo diketahui merombak rencana IPO usai melakukan merger.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  16:28 WIB
Pelindo Rombak Rencana IPO Usai Merger, Dirut Buka Suara
Foto udara aktivitas bongkarmuat di dermaga bongkar muat peti kemas Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (3/1/2022).ANTARA FOTO - Jojon

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mengubah total rencana pendanaan lewat penawaran saham perdana (initial public offering/ IPO) pasca merger.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan dulunya rencana IPO memang dipertimbangkan oleh Pelindo sebagai alternatif memperbesar pendanaan. Rencana IPO mengemuka pada periode 2019-2020.

Kala itu, Pelindo II masih sebagai entitas yang berdiri terpisah sebelum merger. Namun, pasca merger, Arif berujar tentu ada banyak perubahan rencana.

"Tentunya, strategi setelah pelindo merger ini pasti akan berubah. Tentunya per hari ini kita belum mengarah ke sana," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

Pasca merger, lanjut Arif, Pelindo memiliki kapasitas yang lebih besar. Sumber pendanaan berasal dari aset Pelindo I-IV yang digabungkan dalam Holding BUMN Pelabuhan. 

"Alhamdulillah kita mempunyai dana besar dan saat ini kami masih belum mengarah ke sana," imbuhnya.

Meski demikian, Arif tak menampik apabila nantinya ada rencana besar yang perlu direalisasikan dan membutuhkan dana yang besar, opsi untuk menghimpun dana  salah satunya adalah dengan IPO. 

Sebelum merger, rencana penawaran umum saham perdana mulanya akan dilakukan oleh dua anak usahanya. Kedua anak usaha diantaranya PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK). Pasca merger, keduanya menjadi anak dari sub holding peti kemas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipo pelabuhan pelindo
Editor : Rio Sandy Pradana

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top