Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Commuter Jalankan 1.053 Perjalanan KRL, Cek Jadwal dan Aturan Terbaru

KAI Commuter mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL dengan jadwal dan aturan terbaru.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  16:31 WIB
KAI Commuter Jalankan 1.053 Perjalanan KRL, Cek Jadwal dan Aturan Terbaru
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia mengoperasikan total sebanyak 1.053 perjalanan KRL setiap hari dengan kapasitas 60 persen. Perjalanan dimulai pada keberangkatan pukul 04.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

Khususnya pada jam sibuk, KAI Commuter mengoperasikan 376 perjalanan pada jam sibuk pagi dan 337 perjalanan pada jam sibuk sore hari. Persebaran pengguna KRL pada hari kerja terfokus pada jam-jam sibuk pagi hari mulai pukul 06.30 – 08.30 WIB dan jam-jam sibuk sore hari pukul 16.30 – 18.30 WIB.

VP Corporate Secretary Anne Purba menyampaikan bahwa petugas akan selalu melakukan pengendalian jumlah pengguna yang dapat masuk ke kereta dengan melakukan penyekatan terutama di jam-jam sibuk. Hal tersebut dilakukan agar kapasitas kereta tetap sesuai aturan SE Kemenhub No. 25/2022 yang berlaku yaitu 60 persen.

Di sisi lain, syarat vaksinasi juga masih berlaku untuk naik KRL dengan melakukan scan aplikasi atau menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas.

KAI Commuter juga mengimbau agar pengguna tetap disiplin dan taat protokol kesehatan saat menggunakan KRL. Para penumpang diminta untuk tetap menjaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri, serta menggunakan masker sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Untuk terhindar dari potensi antrean, pengguna dapat melihat informasi kepadatan di stasiun melalui aplikasi KRL Access atau menggunakan KRL di luar jam-jam sibuk," pesan Anne, dikutip dari siaran pers, Senin (16/5/2022).

Selain itu, aturan-aturan tambahan diberlakukan oleh KAI Commuter seperti pembatasan untuk balita dan lansia yang hanya diperbolehkan naik KRL pada pukul 10.00 – 14.00 WIB. Untuk balita, dalam melakukan perjalanan menggunakan KRL tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan harus didampingi orang tua.

Melihat perkembangan di lapangan, Anne menyampaikan bahwa jumlah pengguna KRL tercatat selalu paling banyak dibanding hari-hari lainnya pada setiap awal pekan seusai libur panjang.

Untuk menghindari antrean di stasiun pada awal masuk kerja usai libur panjang, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi wilayah aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi KRL yang lebih lengang pada hari terakhir libur panjang di pekan ini.

KAI Commuter mencatat volume pengguna KRL Jabodetabek mencapai 1,32 juta orang selama libur panjang Sabtu (14/5/2022) sampai dengan pukul 15.00 WIB, Senin (16/5/2022). Jumlah pengguna KRL setara dengan rata-rata 515.328 pengguna perhari.

"Angka tersebut lebih rendah 15 persen dari rata-rata volume pada hari kerja di minggu kemarin yaitu sebesar 603.877 pengguna perhari," jelas Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl krl jabodetabek kai commuter
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top