Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Proyeksi Konsumsi Rumah Tangga Pulih pada 2022, Ini Sebabnya!

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan konsumsi rumah tangga pulih tahun ini didorong oleh peningkatkan aktivitas masyarakat pascapandemi.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 15 Mei 2022  |  23:02 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan konsumsi rumah tangga tahun ini akan membaik seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat dan keyakinan konsumen.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan bahwa membaiknya konsumsi pada awal 2022 akan terus berlanjut, terutama ditopang oleh segmen menengah ke atas yang tercermin dari peningkatan pembelian barang tahan lama.

“Hal tersebut juga tercermin dari perbaikan indeks belanja masyarakat pada seluruh kategori penghasilan, terutama konsumsi kelas menengah ke atas,” katanya dalam Buku Kajian Stabilitas Keuangan yang dikutip Bisnis, Minggu (15/5/2022).

BI mencatat, nilai indeks keyakinan konsumen pada awal 2022 juga mengalami peningkatan, mencapai level 119,6, jika dibandingkan dengan nilai historis tahun sebelumnya.

Adapun, faktor pendorong dari meningkatnya keyakinan konsumen adalah membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang, terutama ekspektasi penghasilan.

Beberapa program pemerintah seperti berlanjutnya program bantuan, perpanjangan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil dan Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah (PPnDTP) untuk pembelian rumah juga turut mendorong konsumsi masyarakat.

“Perkiraan perbaikan konsumsi rumah tangga tersebut sejalan dengan prakiraan World Bank bahwa konsumsi rumah tangga di Indonesia pada 2022 akan tumbuh sekitar 5,2 persen,” kata Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia Pertumbuhan Ekonomi konsumsi
Editor : Dwi Nicken Tari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top