Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPJT: Proyek 4 Jalan Tol dari Bandara ke IKN Baru Jadi Prioritas

BPJT menyebut terdapat proyek 4 jalan tol untuk akses menuju IKN baru yang menjadi prioritas.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  15:14 WIB
BPJT: Proyek 4 Jalan Tol dari Bandara ke IKN Baru Jadi Prioritas
RENCANA FUNGSIONAL TOL TRANS SUMATRA Kepala BPJT Danang Parikesit memberikan keterangan disela-sela meninjau tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang di Sungai Sodong, Kabupaten Mesuji, Lampung, Rabu (1/5/2019). Pemerintah berencana akan membuka tol sepanjang 200 km dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung menjadi fungsional agar bisa digunakan untuk arus mudik lebaran/JIBI - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pembangunan jalan tol dari bandar udara menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara akan menjadi prioritas.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan dari 4 ruas jalan tol yang direncanakan untuk akses menuju IKN, ruas tersebutlah yang akan dibangun lebih dulu.

Kendati demikian, Danang masih belum membeberkan secara rinci terkait dengan waktu pelaksanaan proyek tersebut.

"Usul kami dikerjakan oleh APBN dan nanti kalau sudah selesai bisa dilelangkan operasionalnya. Jadi bisa lebih cepat kalau sudah tersedia anggarannya," katanya, Jumat (13/5/2022).

Pemerintah berencana membangunan empat ruas tol yang akan berfungsi sebagai akses menuju IKN.

Pembangunan jalan tol ditujukan untuk mempermudah akses masuk ke Kawasan Inti di IKN.

Rencana pembangunan empat ruas tol itu terungkap dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042.

Berdasarkan Pasal 20 dalam Perpres itu disebutkan bahwa strategi pengembangan konektivitas tinggi secara regional dan internasional dengan dukungan integrasi transportasi darat, laut, dan udara.

Di samping itu, pembangunan jalan tol ditujukan sebagai sistem jaringan transportasi guna meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayan pergerakan orang serta barang dan jasa yang akan berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di IKN Nusantara.

Adapun, jalan tol yang akan dibangun di kawasan IKN sesuai dengan yang tertuang dalam Pasal 36 dalam Perpres tersebut adalah Jalan Tol Balikpapan Samarinda K M 11 - Junction Pulau Balang, Jalan Tol Bandara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan - Samarinda.

Kemudian, Jalan Tol Bandara VVIP - Outer ring road Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, dan Jalan Tol junction Pulau Balang - Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt IKN
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top