Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub: Arus Mudik dan Balik 2022 Berjalan Baik

Menhub Budi Karya menyebut arus mudik dan balik Lebaran 2022 berjalan dengan baik.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  10:48 WIB
Antrean panjang kendaraan pemudik yang menggunakan mobil terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022) malam. Lonjakan jumlah pemudik kerap terjadi pada sore hingga malam hari di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang.  - Bisnis/Muhammad Olga
Antrean panjang kendaraan pemudik yang menggunakan mobil terjadi di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022) malam. Lonjakan jumlah pemudik kerap terjadi pada sore hingga malam hari di Pelabuhan Gilimanuk untuk menyebrang ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Ketapang. - Bisnis/Muhammad Olga

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeklaim arus mudik dan balik Lebaran 2022 berjalan dengan baik kendati terjadi jumlah pergerakan yang tinggi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kegiatan arus mudik dan balik Lebaran 2022 dimulai pada 25 April 2022 (H-7) sampai dengan 9 Mei 2022 (H+5) telah dilalui. Kemenhub berkomitmen penuh untuk menjalankan amanah Presiden Joko Widodo, agar pelaksanaan mudik ini berjalan dengan aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat.

“Berbagai masukan telah kami terima dan alhamdulillah pada umumnya menyampaikan bahwa mudik pada tahun ini berjalan dengan baik,” kata Budi dalam siaran pers, Senin (9/5/2022).

Dia menuturkan mudik tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena masyarakat sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi. Hal itu ditunjukkan dengan hasil survey yang mengekspresikan animo masyarakat yang tinggi yaitu sebanyak 85,5 juta masyarakat yang ingin mudik.

Menurutnya, hal itu merupakan kabar gembira sekaligus tantangan bagi semua stakeholder untuk dapat melayani penumpang dengan baik. Sejumlah survei, simulasi, diskusi, telah dilakukan secara sistematis sehingga menghasilkan rekomendasi yang dieksekusi oleh para penanggung jawab di lapangan.

“Yang paling masif adalah rekan-rekan Kepolisian di jalur darat, dan kemudian di penyeberangan, udara, kereta api dan laut,” ujarnya.

Budi menuturkan kegiatan mudik pada tahun ini menghasilkan arus pergerakan penumpang yang tinggi, sehingga menyebabkan sejumlah layanan tidak bisa diberikan secara maksimal.

“Kami akan lakukan evaluasi agar kegiatan mudik dan juga kegiatan dimana akan ada pergerakan yang masif di masa yang akan datang, dapat diantisipasi dengan lebih baik,” tuturnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Mudik Lebaran mudik arus mudik Arus Balik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top